Kulon Progo Adakan Kontes Ternak, Cari Bibit Unggul Kambing dan Sapi

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 07:45 WIB
Bupati Kulonprogo Drs Sutedjo berdialog dengan salah satu peserta kontes ternak di pasar hewan terpadu Pengasih, Kulonprogo, DIY. (suaramerdeka.com / dok)
Bupati Kulonprogo Drs Sutedjo berdialog dengan salah satu peserta kontes ternak di pasar hewan terpadu Pengasih, Kulonprogo, DIY. (suaramerdeka.com / dok)

KULONP ROGO, suaramerdeka.com - Sebanyak 211 ekor hewan ternak jenis kambing dan sapi mengikuti kontes ternak di pasar hewan terpadu Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Rabu 13 Oktober 2021.

Kontes ternak yang diselenggarakan Pemkab Kulon Progo kerja sama dengan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM), PT Bank BPD DIY, dan KSU Rojokoyo Sembodo dalam rangka memeringati Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo ke-70 dan Dies Natalis Fakultas Peternakan UGM ke-52.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, Muh Aris Nugroho mengatakan bahwa program kontes ternak merupakan program rutin yang diadakan setiap tahun.

Pada tahun 2020 kontes ternak tidak dapat dilaksanakan akibat pandemi Covid-19, akan tetapi di tahun 2021 kontes ternak dapat diadakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan diselenggarakan dengan semi-virtual.

Baca Juga: Pinjol Ilegal Marak, DPR Edukasi Door to Door soal Literasi Keuangan ke Masyarakat

"Tujuan pelaksanan kontes ternak ini adalah untuk memotivasi peternak untuk memproduksi bibit ternak yang berkualitas, menyediakan stok bibit pengganti bagi induk-induk yang sudah tidak produktif, memberikan apresiasi kepada peternak yang memiliki bibit kualitas unggul, dan meningkatkan pendapatan peternak," kata Aris.

Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Ir. I Gede Suparta Budisatria mengatakan, bahwa kontes ternak seperti ini merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghasilkan bibit ternak yang berkualitas.

"Untuk menghasilkan bibit yang berkualitas, harus ada kesinambungan antara lain dengan melakukan kontes," jelas Prof. Gede.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Drs. Sutedjo mengapresiasi kegiatan kontes ternak yang dapat diselenggarakan meski dalam kondisi terbatas akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Berani Investasi di Pasar Modal/Keuangan?

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPKM Level 3 Batal, DIY Tetap Perketat Pengawasan

Rabu, 8 Desember 2021 | 10:36 WIB

PKS: Kitab Kuning Pondasi Pembangunan Peradaban

Senin, 6 Desember 2021 | 12:03 WIB
X