Kerja Jurnalistik adalah Kerja Kaki, Jangan Khawatir dengan Media Sosial

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 12:36 WIB
Srawung awak media sareng Bank Indonesia, Selasa (12/10/2021), di Alana Hotel Karanganyar. (suaramerdeka.com / Langgeng Widodo)
Srawung awak media sareng Bank Indonesia, Selasa (12/10/2021), di Alana Hotel Karanganyar. (suaramerdeka.com / Langgeng Widodo)

KARANGANYAR, suaramerdeka.com - Jurnalis jangan pernah khawatir dengan kehadiran media sosial atau medsos.

Meski belakangan medsos "mengambil" sebagian fungsi media mainstream, terutama dalam promosi, pencitraan, dan branding namun media sosial tidak bisa menggantikan media mainstrem secara utuh.

Dalam Srawung Awak Media sareng Bank Indonesia, Selasa 12 Oktober, terungkap ada perbedaan yang cukup mendasar antara media sosial dengan media mainstream

Media mainstream, baik itu media cetak, radio, televisi, maupun online hadir secara kelembagaan, mewakili publik serta keberadaannya di bawah Dewan Pers dan diatur undang undang.

Baca Juga: PT PRPP Jateng Bertransformasi Jadi Holding Company Pariwisata

Sementara itu media sosial, baik itu Facebook, Youtube, twiter, atau Instagram, meski pengikutnya banyak hingga jutaan, namun representasinya lebih banyak personal, bukan kelembagaan.

Di luar itu semua, penulisan media mainstream itu memenuhi kaidah jurnalistik, terkonfirmasi, dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Saya masih ingat betul pesan Romo Sindhunata, bahwa Kerja Jurnalistik itu Kerja Kaki, wartawan harus di lapangan," kata Langgeng Widodo, dari Harian Suara Merdeka, yang menjadi salah satu narasumber.

Belakangan, sejumlah pihak prihatin kehadiran teknologi informasi yang makin canggih membuat daya juang para wartawan di lapangan banyak berkurang.

Baca Juga: Ini Aneka Twibbon Tema Hari Sumpah Pemuda 2021, Pilih yang Mana?

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Temanggung akan Dijadikan Super Prioritas Pertanian

Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:41 WIB

Pemalang Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 14:11 WIB
X