Secercah Harapan dari Dusun Bondan

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 08:48 WIB
Pengelola PLTH Dusun Bondan, Desa Ujungalang, Kecamatan Kampung Laut, Cilacap membersihkan solar panel. (suaramerdeka.com / Gayhul Dhika Wicaksana)
Pengelola PLTH Dusun Bondan, Desa Ujungalang, Kecamatan Kampung Laut, Cilacap membersihkan solar panel. (suaramerdeka.com / Gayhul Dhika Wicaksana)

MASIH segar dalam ingatan Susi Susanti, ketika pertama kali menginjakkan kaki di Dusun Bondan, Desa Ujungalang, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Bagi perempuan kelahiran Cianjur, Jawa Barat, 23 tahun lalu itu, Dusun Bondan yang terletak di kawasan Laguna Segara Anakan, seakan membawanya kembali ke masa lampau.

"Kaget waktu pertama kali ke sini, saya sempat merasa menyesal tinggal di sini, sebab sama sekali tidak ada listrik," ucapnya, yang sudah tujuh tahun terakhir tinggal di Dusun Bondan, karena mengikuti suami.

Ia ingat betul sulitnya situasi saat malam tiba, penerangan yang hanya mengandalkan lampu klenting atau lampu minyak dalam sebutan warga lokal, cahayanya sangat temaram.

Baca Juga: Vaksinasi Pelajar Madrasah dan Santri Cilacap, Kuota Ditambah 20 Ribu Dosis

Kondisi itu membuat anak-anak di kampungnya kesulitan saat harus belajar pada malam hari, hiburan dari televisi dan radio juga tak dapat ia nikmati.

Tantangan yang harus ia hadapi saat mulai tinggal di dusun terpencil, ternyata tak berhenti di situ.

Ia dan warga lain, juga harus berjuang untuk mendapatkan air bersih.

Kondisi geografis Dusun Bondan yang berada di Kawasan Laguna Segara Anakan, dikelilingi kawasan perairan dengan kondisi air payau.

Baca Juga: Reli Dolar Membuat Harga Emas Tergelincir Kembali di Akhir Perdagangan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ribuan Kader Kesehatan di Sleman Disuntik Booster

Selasa, 30 November 2021 | 13:27 WIB

Hari Naas dan Hari Keberuntungan Selasa Kliwon

Selasa, 30 November 2021 | 10:37 WIB
X