30 Kader Bawaslu Jepara Ikuti SKPP di Pati, Bentuk Jejaring Pengawas Partisipatif

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 08:07 WIB
Sekolah kader pengawas partisipatif Bawaslu. (suaramerdeka.com/dok)
Sekolah kader pengawas partisipatif Bawaslu. (suaramerdeka.com/dok)

JEPARA, suaramerdeka.com –Sebanyak 30 peserta Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tahun 2021, ikuti kegiatan pembelajaran di hotel Safin Pati selama tiga hari dari Rabu – Jumat, 6-8 Oktober 2021.

Peserta kegiatan ini merupakan kader pengawas yang telah mendaftarkan diri melalui Bawaslu Kabupaten Jepara yang lolos seleksi administrasi oleh Bawaslu RI.

Ketua Bawaslu Jepara, Sujiantoko menjelaskan, SKPP dasar yang dilaksanakan di Pati, merupakan kegiatan pembelajaran tingkat dasar bagi pengawas partisipatif.

Adapun 3 Materi dasar bagi peserta SKPP yakni tentang Pembangunan Karakter Kepengawasan Pemilu, Demokrasi dan Kepemiluan, serta Kecakapan Dasar Pengawas Partisipatif.

Baca Juga: Pendirian Universitas Siber Muhammadiyah, Pengamat: Langkah yang Sangat Inovatif

SKPP merupakan program nasional yang bertujuan untuk membentuk jejaring pengawas partisipatif serta mendorong partisipasi masyarakat dalam mengawasi pemilu. Sehingga, dengan terselenggaranya SKPP ini diharapkan kader pengawas partisipatif mampu meningkatkan kualitas demokrasi,” kata Sujiantoko.

Pelaksanaan SKPP kali ini merupakan pelaksanaan SKPP kedua yang diikuti oleh Kabupaten Jepara. Sebelumnya pada tahun 2020, Bawaslu telah melaksanakan kegiatan yang sama secara daring.

Untuk tahun ini kegiatan dilaksanakan secara luring dengan menerapkan protokol Kesehatan yang ketat seperti wajib vaksin dan Swab antigen.

“Kegiatan kali ini bisa digelar secara tatap muka dengan syarat peserta wajib sudah vaksin. Selain itu peserta juga wajib swab antigen sebelum kegiatan dimulai” terangnya.

Baca Juga: Hewan Kesayangan Keracunan Makanan, Begini Tindakan Pertolongannya

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ribuan Kader Kesehatan di Sleman Disuntik Booster

Selasa, 30 November 2021 | 13:27 WIB

Hari Naas dan Hari Keberuntungan Selasa Kliwon

Selasa, 30 November 2021 | 10:37 WIB

Libur Akhir Tahun, Destinasi Wisata di Sleman Tetap Buka

Minggu, 28 November 2021 | 15:57 WIB

Tembakau Musim 2021 Masih Belum Menguntungkan Petani

Sabtu, 27 November 2021 | 21:49 WIB
X