Masyarakat Diminta Jeli Bedakan Rokok Legal dengan Ilegal, Ada Ciri-ciri untuk Acuan

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 08:12 WIB
Tim gabungan dari KPPBC Tipe Madya Pabean C Purwokerto bersama Satpol PP saat melakukan pemantauanperedaran rokok ilegal. (suaramerdeka.com / dok)
Tim gabungan dari KPPBC Tipe Madya Pabean C Purwokerto bersama Satpol PP saat melakukan pemantauanperedaran rokok ilegal. (suaramerdeka.com / dok)

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Masyarakat diminta jeli dan cermat dalam membedakan antara rokok legal dengan yang ilegal.

Ada ciri-ciri yang sebenarnya dapat digunakan sebagai acuan dalam membedakan rokok legal dan ilegal.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Purwokerto, Erwan Saepul Kholik, baru-baru ini mengungkapkan, ada sejumlah ciri-ciri khusus rokok ilegal.

Rokok ilegal biasanya tidak dilengkapi dengan pita cukai atau disebut juga dengan rokok polos, lalu ada yang dilengkapi dengan pita cukai, tetapi palsu.

Baca Juga: Antisipasi Destinasi Super Prioritas, UMKM Digairahkan Kembali

"Makanya masyarakat harus jeli, apakah pita cukainya itu asli atau palsu," pintanya.

Selain itu, biasanya rokok ilegal ada yang menggunakan pita cukai bekas, sehingga sebelum membeli dilihat dulu apakah pita cukainya bekas atau baru.

"Prinsipnya pita cukai harus direkatkan pada kemasan yang akan rusak manakala kemasan rokok ini dibuka, sebab pita cukai itu hanya digunakan sekali," terangnya.

Pita cukai yang digunakan seharusnya juga sesuai dengan peruntukkan, namun untuk rokok ilegal, biasanya menggunakan pita cukai yang tidak semestinya.

Baca Juga: HUT Ke-76 TNI, KFAI Bersilaturahmi ke Markas Skadron Udara 31

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X