Kajian Akademis Ratu Kalinyamat Tuntas, Siap Sebagai Dokumen Usulan Pahlawan Nasional

- Senin, 4 Oktober 2021 | 11:07 WIB
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dan Sujiwo Tejo saat FGD bertema 'Ratu Kalinyamat' di Semarang, Minggu, 3 Oktober 2021. (suaramerdeka.com /dokumentasi Lestari Moerdijat)
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dan Sujiwo Tejo saat FGD bertema 'Ratu Kalinyamat' di Semarang, Minggu, 3 Oktober 2021. (suaramerdeka.com /dokumentasi Lestari Moerdijat)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kajian akademis terhadap jejak keberadaan Ratu Kalinyamat telah tuntas dan siap digunakan sebagai dokumen penguat usulan pahlawan nasional terhadap tokoh asal Jepara itu.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyebut kajian akademis ini dilakukan sebagai pendukung fakta atas penolakan terhadap usulan yang pernah disampaikan ke Kementerian Sosial yang menganggap sosok Ratu Kalinyamat tersebut hanya sebatas mitos.

"Kajian sudah selesai, sekarang tinggal menjalin komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten untuk mengajukan kembali Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional," kata politikus yang akrab disapa Rerie saat FGD bertema "Ratu Kalinyamat" di Semarang, Minggu, 3 Oktober 2021.

Lestari menambahkan masih banyak fakta tentang ketokohan Ratu Kalinyamat yang tidak diketahui secara komprehensif oleh masyarakat.

Baca Juga: PON XX Papua: Presiden Joko Widodo Tinjau Arena Wushu, Saksikan Sejumlah Laga

Lestari optimis usulan ulang gelar pahlawan nasional terhadap Ratu Kalinyamat bisa terealisasi.

Sementara ini, kepada Pemerintah Kabupaten Jepara, Lestari meminta pemda harus menjadi garda terdepan dalam pengusulan gelar pahlawan nasional tersebut.

Budayawan Sujiwo Tejo yang dilibatkan dalam upaya mengenalkan sosok tokoh asal Jepara, Ratu Kalinyamat mengatakan sejarah poros maritim ada di Ratu Kalinyamat yang menghadapi Portugis di abad 15.

Ia mengaku bertugas untuk menyosialisasikan tentang Ratu Kalinyamat melalui budaya kepada masyarakat.

"Masa depan poros maritim, kita tidak bisa ke sana tanpa pijakan masa lalu," kata Sujiwo saat FGD.***

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jateng Optimistis: Siapkan Upaya Konkret Hadapi Resesi

Selasa, 6 Desember 2022 | 05:20 WIB
X