Hari Batik Nasional: Pemkot Pekalongan Dorong Pemulihan Ekonomi Lewat Sektor Batik

- Senin, 4 Oktober 2021 | 08:24 WIB
Sejumlah penari dengan mengenakan kain batik turut memeriahkan seremonial Hari Batik Nasional (HBN) Tahun 2021 yang digelar di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan. (suaramedeka.com / Kuswandi)
Sejumlah penari dengan mengenakan kain batik turut memeriahkan seremonial Hari Batik Nasional (HBN) Tahun 2021 yang digelar di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan. (suaramedeka.com / Kuswandi)

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Pemkot Pekalongan menggelar kegiatan Ceremonial Peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat di Ruang Amarta Setda setempat, Sabtu 2 Oktober 2021.

Wali Lota Pekalongan,HA Afzan Arslan Djunaid menuturkan, peringatan Hari Batik Nasional di tahun 2021 yang mengusung tema "Lestari Batikku,Terlindungi Alamku" adalah bagaimana pemulihan ekonomi.

Khususnya di sektor batik sebagai andalan sektor usaha masyarakat Kota Pekalongan sejak lama pasca Covid-19 dan PPKM Darurat.

Pasalnya, pada saat kelonjakan kasus pandemi Covid-19,sektor batik juga termasuk yang sangat berdampak dengan adanya penurunan omzet.

Baca Juga: Indonesian Day Obati Kerinduan Diaspora Indonesia di Belanda

"Jadi, bagaimana upaya pemerintah melaksanakan pelatihan-pelatihan digital marketing, pemasaran online, pelatihan ekspor terus dilakukan, salah satunya kewajiban setiap kantor untuk menggunakan sarung batik dan seragam batik selama 1 minggu ke depan yang diharapkan menghidupkan kembali UMKM sektor batik pasca pandemi," tandasnya.

Wali kota yang akrab disapa Aaf itu bersyukur, meski masih pandemi, peringatan Hari Batik Nasional Tahun 2021 masih bisa dilakukan secara terbatas dan menyesuaikan dengan protokol kesehatan secara ketat.

Hal itu Seiring dengan meredanya kasus Covid-19 di Kota Pekalongan yang sudah masuk dalam PPKM Level 2.

Baca Juga: Billy Syahputra Beri Pelajaran ke Pencuri Sepeda Motor: Semoga Jadi Orang Lebih Baik

"Ahamdulillah pada tanggal 2 Oktober ini ,kita memperingati Hari Batik Nasional Tahun 2021 dengan meredanya kasus Covid-19 di Kota Pekalongan, sehingga kegiatan-kegiatan ceremonial bisa dilaksanakan secara terbatas dengan protokol kesehatan secara ketat," tutur Aaf.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X