Hibah Partai Politik di Purworejo Cair: PDIP Tertinggi, Hanura Terendah

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 09:12 WIB
Bupati Purworejo RH Agus Bastian menyerahkan bantuan partai politik di Kabupaten Purworejo. (suaramerdeka.com/Aris Himawan)
Bupati Purworejo RH Agus Bastian menyerahkan bantuan partai politik di Kabupaten Purworejo. (suaramerdeka.com/Aris Himawan)

PURWOREJO, suaramerdeka.com - Bupati Purworejo RH Agus Bastian menyerahkan dana hibah kepada partai politik yang mendapatkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo hasil Pemilihan Umum tahun 2019, Jumat 1 Oktober 2021.

Bupati Purworejo mengungkapkan, pada era demokrasi sekarang ini, partai politik mempunyai kontribusi yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan nasional.

Oleh karena itu, partai politik harus terus melakukan konsolidasi dan membangun partai menuju sosok partai yang mandiri.

Di sisi lain, Pemerintah juga berkewajiban mendukung eksistensi partai politik, antara lain melalui pemberian bantuan keuangan.

Baca Juga: Anjuran Poligami PKS Bikin Gaduh, Pengamat: Hanya Caper

“Bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas partai politik dalam kehidupan demokrasi, salah satu caranya melalui edukasi politik bagi masyarakat maupun anggota parpol," ungkapnya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Purworejo akan memberikan hibah berupa uang secara proporsional berdasarkan hasil perolehan suara kepada sepuluh partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Purworejo total sebesar Rp 1,097 miliar.

Hibah dapat dicairkan partai politik yang bersangkutan setelah terpenuhinya persyaratan pencairan bantuan berdasarkan hasil verifikasi sesuai ketentuan yang berlaku.

Setelah itu, penerima hibah wajib menyampaikan laporan pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran hibah kepada Bupati Purworejo, melalui Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Purworejo paling lambat 1 (satu) bulan setelah diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan.

Baca Juga: Indro Ungkap Persoalan dengan Tiga Pemuda Mirip Warkop: Aku Daftarkan Brand

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelar Haul Gus Dur, PKB dan NU Cilacap Berkolaborasi

Kamis, 13 Januari 2022 | 11:48 WIB
X