Sambut Hari Tani Nasional, Eksplore Parangjoro-ISI Surakarta Gelar Festival Tani Daring

- Senin, 27 September 2021 | 10:34 WIB
Festival Tani menyambut Hari Tani Nasional. (suaramerdeka.com / dok)
Festival Tani menyambut Hari Tani Nasional. (suaramerdeka.com / dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka.com - Menyambut momentum Hari Tani Nasional, Eksplore Parangjoro bersama ISI Surakarta menyelenggarakan Festival Tani Daring pada Jumat, 24 September 2021.

Diungkapkan Adik Wibowo selaku tim penggerak Eksplore Parangjoro, pertunjukan tani secara online ini bertujuan untuk membangun kesadaran pentingnya adaptasi petani dengan teknologi komunikasi.

Ia menambahkan, perubahan teknologi komunikasi dan teknologi informasi menjadi salah satu tantangan bagi petani dan juga penyuluh pertanian lapangan dalam menjalankan tugas.

Festival Tani Daring diawali dengan perlombaan Fotografi, mengangkat tema pertanian dan industri tahu Parangjoro.

Baca Juga: Aplikasi Si Labu, Tingkatkan Akurasi Layanan Laboratorium Balai Keselamatan Kerja

Penggarapan Tari, Karawitan, dan Artistic Panggung Pertunjukan didampingi ISI Surakarta melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat.

Darno, S.Sen., M.Sn selaku Dosen Karawitan dan pendamping pengrawit desa menyampaikan program ini mendorong terciptanya kreasi seni desa dengan tetap memperhatikan potensi seni yang dimiliki.

“Kami akan mendukung program-program pengembangan desa melalui seni tradisi, bahkan tidak menutup kemungkinan di masa depan akan ada festival musik bambu di desa ini mengingat kekayaan bambu disini cukup melimpah,” katanya.

Anggono Kusumo Wibowo, S.Sn., M.Sn, Dosen Tari dan sekaligus sebagai pendamping tari menyampaikan jika ke depan penari-penari desa dapat dilatih secara berkelanjutan, sehingga mereka dapat melakukan pertunjukan di sudut-sudut desa, untuk merespon ruang.

Baca Juga: LDII Kabupaten Semarang Dukung Percepatan Penanganan Covid-19, Beri Edukasi dan Sosialisasi

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa MAN Purbalingga Diminta Teladani Nabi Muhammad

Minggu, 24 Oktober 2021 | 22:05 WIB

Ajakan Warga Mangunan Jaga Hutan lewat Tradisi Kenduri

Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:32 WIB
X