Peringatan Haul Ki Ageng Gribig, Airlangga Hartarto: Upaya Lestarikan Tradisi Leluhur

- Jumat, 24 September 2021 | 10:36 WIB
Airlangga Hartarto dalam sambutan sebagai tuan rumah haul Ki Ageng Gribig, di Jatinom, Klaten. (suaramerdeka.com / dok Airlangga)
Airlangga Hartarto dalam sambutan sebagai tuan rumah haul Ki Ageng Gribig, di Jatinom, Klaten. (suaramerdeka.com / dok Airlangga)

KLATEN, suaramerdeka.com - Airlangga Hartarto yang merupakan Anak cucu Ki Ageng Gribig, mengatakan kegiatan rutin menggelar haul Ki Ageng Gribig adalah amanat ayahnya, Hartarto.

Seperti diungkapkan Airlangga, ini merupakan bentuk terima kasih, karena Ki Ageng Gribig telah menyebarkan agama Islam, berjuang melawan penjajahan dan berjuang untuk Indonesia.

Airlangga mengatakan apa yang dilakukan bersama keluarga memperingati acara haul setiap tahun sebagai upaya melestarikan tradisi yang diwariskan Ki Ageng Gribig.

"Sebagai dzurriyah, anak cucu, cicit yang selalu nyadong berkah ke leluhur. Kami rutin mengadakan haul Ki Ageng Gribig, menjalankan amanat ayah saya Pak Hartarto. Harapannya, tidak lain dan bukan kami takdzim kepada leluhur."

Baca Juga: Bupati Apresiasi Inovasi Siap OM Dindukcapil Demak, Mempermudah Masyarakat

"Rasa terima kasih selama hidupnya menyebarkan agama Islam, berjuang melawan penjajahan dan berjuang untuk Indonesia,” kata Airlangga dalam sambutan sebagai tuan rumah haul Ki Ageng Gribig, di Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Kamis, 23 September 2021.

Menurut Airlangga, Ki Ageng Gribig adalah seorang ulama yang bisa menggabungkan unsur ilahiyah dengan budaya masyarakat dan membantu ekonomi masyarakat.

Meski sudah ratusan tahun lalu wafat, Airlangga mengatakan sampai saat ini bermanfaat membangun ekonomi masyarakat sekitar.

"Semoga tahlil dan doa yang kita panjatkan dikabulkan Allah, semoga washilah Ki Ageng Gribig, pandemi bisa diangkat oleh Allah SWT, rakyat kembali sejahtera,” ucap Menko Perekonomian ini.

Baca Juga: PLN Rampungkan Kabel Listrik Bawah Laut Sumatera-Bangka Akhir 2021, Investasi Rp 1,9 Triliun

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Pekalongan Minta PK5 Jaga Prokes dan Tibum

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:23 WIB
X