Kemendes Jadikan Kebumen Pilot Project Program Pengentasan Kemiskinan Nol Persen

- Kamis, 23 September 2021 | 22:26 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar didampingi Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH berkunjung ke Kebumen, Kamis (23/9). (sm/dok)
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar didampingi Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH berkunjung ke Kebumen, Kamis (23/9). (sm/dok)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar berkunjung ke Kebumen, Kamis (23/9).

Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH menyambut dengan hangat kendatangan Menteri Desa di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen.

Ada beberapa hal yang dibicarakan, salah satunya menyangkut kolaborasi pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam hal pengentasan kemiskinan.

Baca Juga: Semester I, BPJamsostek Magelang Bayar Klaim Jaminan Rp 191 Miliar

Abdul Halim Iskandar akan menjadikan Kebumen sebagai kabupaten pertama yang masuk dalam pilot project dari program pengentasan kemiskinan ekstrem hingga nol persen yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

"Jadi untuk tahap pertama ada tujuh provinsi yang menjadi sasaran utama. Tiap-tiap provinsi kita ambil lima kabupaten. Nah di Jawa Tengah, Kebumen nanti akan kita masukan dalam program pengentasan kemiskinan hingga nol persen," ujar Menteri Abdul Halim.

Menurutnya, pengentasan kemiskinan akan terwujud melalui pendekatan mikro atau pendekatan tingkat desa. Mengapa harus mikro? Karena supaya kelihatan dan mudah dipegang atau ditangani langsung.

"Misalnya ada lima atau 10 orang warga miskin. Persoalan apa? Kalau rumah tak layak, kita kasih bedah rumah. Kalau infrastruktur kita kasih jalan. Bisa juga penguatan ekonomi melalui UMKM. Dananya dari mana? Kita kroyokan bisa dari dana desa, dari pemda kabupaten, provinsi sampai pakai APBN," jelasnya.

Baca Juga: Mbak Ita Ajak Muslimat NU Tangani Ekonomi Kreatif

Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH menyampaikan terima kasih atas kedatangan Menteri Desa Abdul Halim. Pemkab Kebumen menyambut baik apa yang menjadi keinginan Menteri Desa untuk menjadikan Kebumen sebagai kabupaten pertama dalam program pengentasan kemiskinan.

"Tentu diharapkan dengan program ini, angka kemiskinan di Kebumen bisa turun drastis. Kebumen tidak lagi dicap sebagai kabupaten termiskin di Jawa Tengah," ucap Bupati.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Pemkot Pekalongan Minta PK5 Jaga Prokes dan Tibum

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:23 WIB
X