Semester I, BPJamsostek Magelang Bayar Klaim Jaminan Rp 191 Miliar

- Kamis, 23 September 2021 | 22:21 WIB
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Magelang Budi Santoso. (sm/dok)
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Magelang Budi Santoso. (sm/dok)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Magelang berhasil membukukan pembayaran klaim jaminan sebesar Rp 191 miliar pada semester I tahun 2021.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Magelang, Budi Santoso mengatakan, pembayaran klaim jaminan di lembaganya tetap berjalan kendati kota/kabupaten Magelang tengah berlaku PPKM.

Pasalnya, hak pekerja jadi prioritas pelayanan lembaganya.

"Kami tidak membedakan terkait pembayaran klaim tersebut, apakah sedang PPKM ataupun normal seperti sediakala, hak pekerja menjadi prioritas pelayanan kami. Karena kami adalah pelayan bagi para pekerja di Indonesia," jelasnya, Kamis (23/9).

Baca Juga: Nguri-nguri Budaya, Laboratorium Dakwah FDK UIN Gelar Pelatihan MC, Pranatacara dan Pamedarsabda

Budi memaparkan nilai nominal klaim terbesar ada pada Jaminan Hari Tua (JHT), yakni sebesar Rp175,5 miliar. Pasalnya, program ini menjadi jaring pengaman terakhir bila para pekerja mengalami pemutusan hubungan kerja.

Bila pekerja belum terlalu memerlukan dana JHT, lanjutnya, dana yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan akan tetap aman dan ditambah hasil pengembangan.

"Dana JHT dijamin aman dan tidak mungkin hilang atau tidak dapat diambil, karena seyogyanya dana tersebut milik para pekerja dan menjadi hak pekerja. Kami, insan BPJAMSOSTEK, hanya melayani dan menjembatani", terangnya.

Adapun program lain, lanjut Budi, seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) senilai Rp2,58 miliar, Jaminan Kematian (JKM) Rp9 miliar, Jaminan Pensiun (JP) Rp2,2 miliar, dan beasiswa Rp1 miliar.

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Pemkot Pekalongan Minta PK5 Jaga Prokes dan Tibum

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:23 WIB
X