Pantau Pergerakan Tanah Ambles, Desa Jolosekti Pasang EWS

- Sabtu, 29 Februari 2020 | 13:18 WIB
Sejumlah teknisi saat memasang alat Early Warning System (EWS) di dampingi Tim BPBD Kabupaten Batang, di Dukuh Teropong, Desa Jolosekti, Kecamatan Tulis. (Foto dokumentasi).
Sejumlah teknisi saat memasang alat Early Warning System (EWS) di dampingi Tim BPBD Kabupaten Batang, di Dukuh Teropong, Desa Jolosekti, Kecamatan Tulis. (Foto dokumentasi).

BATANG,suaramerdeka.com - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang, Ulul Azmi mengatakan, luasan tanah yang ambles di Dukuh Teropong, Desa Jolosekti, Kecamatan Tulis, sudah meluas.

“Dari data awal sekitar 15 hektar yang terdampak sesar minor, kini tercatat di Balai Energi dan Sumber Daya Mineral (BESDM) Jateng sudah mencapai 24,65 hektare. Berdasarkan kajian BESDM dalam radius tersebut, pada areal pertanian di kedalaman 30-35 meter kondisinya tanahnya sudah seperti bubur,” kata Ulul Azmi di Posko Bencana kantor setempat, Sabtu (29/2).

Oleh Karena itu, lanjut Ulul, untuk mengantisipasi dan meminimalisir korban atas anomali longsor karena sesar minor, pihaknya sudah memasang Early Warning System (EWS), sejak Jum'at kemarin (28/2).

“EWS merupakan alat sistem peringatan dini untuk memberitahukan akan timbulnya kejadian alam, dapat berupa bencana maupun tanda-tanda alam lainnya. Peringatan dini pada masyarakat atas bencana merupakan tindakan efektif mencegah banyaknya korban jiwa dalam sebuah bencana,"kata Ulul.

Perlu diingat, kata Ulul lebih lanjut, meski teknologi dan kajian ilmiah mampu menentukan potensi gempa dan longsor, akan tetapi hingga saat ini teknologi belum mampu memprediksi dengan tepat dan akurat kapan bencana gempa dan lainnya akan terjadi.

“Tapi setidaknya alat EWS diharapkan bisa meminimalisir bencana. Dan sesuai arahan dari BESDM area 24,65 hektar berupa sawah, diubah menjadi tanaman keras. Hal itu untuk memperlambat bencana longsor,” tuturnya.

Ia berharap masyarakat menjaga alat EWS tersebut, karena manfaatnya besar untuk keselamatan warga di lokasi bencana.

 

Editor: Maya

Tags

Terkini

Disporapar Genjot Kemajuan Sektor Pariwisata

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:21 WIB
X