Debit Dua Waduk di Kecamatan Gembong Aman

- Selasa, 25 Februari 2020 | 09:21 WIB
MENCARI IKAN: Seorang ikan terlihat tengah menjala untuk mencari ikan di waduk Gunungrowo. (suaramerdeka.com/Beni Dewa)
MENCARI IKAN: Seorang ikan terlihat tengah menjala untuk mencari ikan di waduk Gunungrowo. (suaramerdeka.com/Beni Dewa)

PATI, suaramerdeka.com - Dua waduk di, Waduk Seloromo dan Gunungrowo dipastikan aman lantaran debit air di dua waduk tersebut hingga saat ini masih jauh dari titik batas elevasi.

Operator waduk Seloromo, Susanto mengatakan debit air di waduk Seloromo saat ini baru baru tujuh juta meter kubik dari kapasitas maksimal 9,5 juta meter kubik, sehingga waduk aman.

Meski intensitas hujan di wilayah Kabupaten Pati relative tinggi namun penambahan airnya tidak terlalu signifikan.  ‘’Penambahan air tergantung dari intensitas hujan. Kalau hujan tinggi, bisa lebih cepat. Kalau hujan rendah, ya penuhnya lama,’’ jelasnya, Senin (24/2).

Hingga saat ini pihaknya masih melakukan pemantauan. Jika debit airnya telah melampaui batas maka otomatis melimpas. Mengingat di sebelah utara waduk, ada pintu keluar air apabila sudah penuh.

Sementara itu, Dian Saputra, operator waduk Gunung Rowo mengatakan kondisi debit air masih relatif normal. Bahkan tercatat air baru mengisi sekitar 60 persen dari total kapasitas.

Saat ini debit waduk Gunungrowo masih di kisaran 3,3 juta meter kubik. Padahal untuk kapasitas keseluruhan mampu menampung air hingga lima juta meter kubik. ‘’Masih tahap normal, masih 60 persen. Kalau penuhnya kapan, tidak bisa di prediksi,’’ katanya.

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

Siswa MAN Purbalingga Diminta Teladani Nabi Muhammad

Minggu, 24 Oktober 2021 | 22:05 WIB
X