100 Supir Ojol jadi Duta Wisata Jogja

- Sabtu, 22 Februari 2020 | 14:26 WIB
 PELATIHAN: Habdillah Anuraga, selaku City Manager 2-Wheels Yogyakarta, Grab Indonesia memberikan sambutan saat pelatihan terhadap 100 Duta Wisata Grab Bike Jogja di Rich Hotel. (suaramerdeka.com/Gading Persada)
PELATIHAN: Habdillah Anuraga, selaku City Manager 2-Wheels Yogyakarta, Grab Indonesia memberikan sambutan saat pelatihan terhadap 100 Duta Wisata Grab Bike Jogja di Rich Hotel. (suaramerdeka.com/Gading Persada)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Keberadaan Jogja sebagai destinasi wisata dengan berbagai bentuk wisatanya memang sudah tak terbantahkan lagi. Berbagai cara dilakukan untuk menyeleraskannya dengan hal pendukung. Termasuk menjadikan supir-supir ojek online (ojol) sebagai Duta Wisata Jogja.

Ya, oleh sebuah perusahaan transportasi daring terkemuka di Tanah Air, PT Grab Indonesia, sebanyak 100 driver Grabbike yang menjadi mitra mereka disulap untuk menjadi Duta Wisata GrabBika. Maka, para sopir ojol ini tak hanya bertugas mengantarkan penumpang, mengantarkan pesanan kuliner atau mengantarkan paket semata, tapi lebih dari itu. Para sopir ojol ini dibekali kemampuan pengetahuan terkait destinasi wisata yang ada di Kota Pelajar dan sekitarnya.

"Untuk angkatan awal memang 100 driver GrabBike kami dahulu. Nanti bertahap hingga target mitra sebanyak 1.000 driver jadi Duta Wisata GrabBike. Setidaknya sebelum Idul Fitri tahun ini sudah terealisasi," papar Habdillah Anuraga, selaku City Manager 2-Wheels Yogyakarta, Grab Indonesia saat pelatihan di Rich Hotel Jogja, Jumat (21/2) petang.

Habdillah mengatakan, pihaknya menawarkan alternatif terbaru layanan untuk membantu kemajuan industri pariwisata di DIY. Data dari Dinas Pariwisata
Yogyakarta bahwa Yogyakarta memiliki lebih dari 5 juta turis setiap tahunnya. Dari data itu, sekitar 40 persen darinya adalah solo traveller atau turis yang bepergian sendirian.

"Solo traveller di Jogja menjadi dimudahkan dalam mobilisasi mereka dengan layanan kami. Dalam satu layanan, mereka mendapatkan moda transportasi praktis, aman serta murah. Selain itu, tentunya mereka mendapatkan nilai tambah yang penting dalam wisata mereka yaitu wawasan dan pengalaman yang kaya akan pariwisata Jogja," paparnya.

Melakukan lewat penyeleksian ketat, 100 driver ojol ini terpilih untuk nantinya diberi materi kepariwisataan di DIY. Pematerinya diambilkan dari dinas terkait, PMI dan rumah sakit. Dua narasumber yang disebutkan terakhir ini tak terlepas dari keinginan Grab agar mitra drivernya punya kemampuan penanganan kecelakaan di jalan raya. Setiap pengemudi dibekali booklet tentang wisata di Jogja termasuk selalu mengedepankan 3S (Salam, Senyum, Sapa).

"Ini nantinya bisa dimanfaatkan konsumen dengan memilih layanan Grab Bike Tour di aplikasi kami. Nanti dipilih durasinya per 3 jam, 6 jam dan lainnya," tandas dia.

Editor: Maya

Tags

Terkini

Kesongo Kembali Semburkan Lumpur, Warga Berhamburan

Selasa, 28 September 2021 | 12:30 WIB

Angka Stunting Tinggi, Pemerintah Libatkan Mahasiswa

Senin, 27 September 2021 | 19:18 WIB

Hujan Deras, Rumah Rusak Diterjang Longsor

Senin, 27 September 2021 | 15:40 WIB

2.302 Peserta Ikuti SKD CASN Pemkot Magelang

Senin, 27 September 2021 | 15:12 WIB

Sapi Milik Peternak Miskin Dibantu Pakan Konsentrat

Minggu, 26 September 2021 | 20:04 WIB

Klinik Bima Husada, Gratis Bagi Warga Tak Mampu

Minggu, 26 September 2021 | 19:04 WIB
X