Bonsai Kelapa Mulai Digemari Orang

- Senin, 10 Februari 2020 | 08:52 WIB
Anggota Komunitas Bonsai Kelapa Magelang (BKM)
Anggota Komunitas Bonsai Kelapa Magelang (BKM)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Saat ini bonsai kelapa tengah digemari banyak kalangan. Selain dijadikan penghias rumah, bonsai kelapa pun dijadikan hobi untuk menyalurkan kreatifitas.

Di wilayah Kabupaten Magelang paling tidak ada 255 orang pecinta bonsai kelapa yang tergabung dalam Komunitas Bonsai Kelapa Magelang (BKM) "Demit Kambil".

Penggagas BKM Demit Kambil, Romadhon, mengatakan, komunitas tersebut berdiri sejak setahun yang lalu dan bergerak melalui media sosial Facebook, grup WhatsApp dan anggotanya sudah tersebar di seluruh Kabupaten Magelang, bahkan sampai DIY.

"Hari ini kami mengadakan kopi darat (kopdar) sekaligus merayakan setahun berdirinya komunitas. Harapannya kegiatan ini lebih menggugah semangat lagi dalam berkreasi menciptakan karya seni melalui media bonsai kelapa," jelas Romadhon, Minggu (9/2).

Dia menambahkan, komunitas itu digagas bersama temannya, Ahmad Abdi Robby. Diharap bisa menjadi media untuk saling berbagi ilmu pengetahuan, pengalaman dan menyambung silaturahmi. Kegiatan kopdar itu diadakan di pendapa Dusun Semaken, Pucungrejo, Muntilan, Kabupaten Magelang. 

Acaranya disusun sedemikian rupa sehingga para peserta termanjakan. Selain acara tradisi komunitas di mana selalu ada sesi perkenalan, juga ada pembagian doorprize menarik dari panitia dan sumbangan pribadi dari peserta.

"Selain kue ultah dan doa bersama, kami siapkan pula  doorprize, salah satunya dua bonsai kelapa gading cabang," imbuh Catur Budi sekretaris BKM Demit Kambil.

Beberapa peserta mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap anggota komunitas  akan terus berkembang, karena dirasa sangat bermanfaat.

"Pemerintah sedang menggalakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi kreatif. Bonsai kelapa ini salah satunya yang bisa didorong, bahan baku mudah didapat, tinggal bagaimana kita mengkreasikan itu sehingga menjadi sebuah karya seni yang berestetika tinggi," kata salah satu peserta asal Borobudur, Abdul Choliq.

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

Kesongo Kembali Semburkan Lumpur, Warga Berhamburan

Selasa, 28 September 2021 | 12:30 WIB

Angka Stunting Tinggi, Pemerintah Libatkan Mahasiswa

Senin, 27 September 2021 | 19:18 WIB

Hujan Deras, Rumah Rusak Diterjang Longsor

Senin, 27 September 2021 | 15:40 WIB

2.302 Peserta Ikuti SKD CASN Pemkot Magelang

Senin, 27 September 2021 | 15:12 WIB
X