Sijono Menuju Desa Pintar

- Kamis, 30 Januari 2020 | 14:30 WIB
Kepala Desa Sijono, Bastomi (suaramerdeka.com/dok)
Kepala Desa Sijono, Bastomi (suaramerdeka.com/dok)

BATANG, suaramerdeka.com - Desa Sijono, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang saat ini sedang melakukan penataan untuk menuju desa pintar. Adapun tahapan awal guna menuju desa pintar dengan membangun taman pintar.

Demikian disampaikan Kepala Desa Sijono, Bastomi, kepada Suara Merdeka, Kamis (30/1). Menurutnya, upaya mewujudkan Desa Sijono menjadi desa pintar memang saat ini sedang dilaksanakan secara bertahap.

"Tahap awal kami sedang membangun taman pintar. Taman pintar itu nantinya akan dilengkapi dengan koneksi internet wifi. Kemudian lapangan yang berfungsi untuk tiga cabang olahraga, seperti basket, futsal dan lainnya. Taman pintar juga akan dilengkapi perpustakaan mini," paparnya.

Adapun tahap lanjutannya adalah membangun infastruktur jaringan internet yang bisa menjangkau seluruh RT di wilayah Desa Sijono, Kecamatan Warungasem. Paling tidak, kata dia, tiap RT terdapat lima titik jaringan internet dengan sistem koneksi wifi.

Pembangunan infastruktur jaringan internet tersebut, kata Kades Sijono adalah guna mendukung program dari Pemerintah Kabupaten Batang tentang layanan cepat berbasis elektronik. Sebagaimana mal layanan publik yang belum lama ini oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahyo Kumolo.

Dengan begitu, lanjut dia, ke depan masyarakat di Desa Sijono, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang tidak perlu repot-repot datang ke balai desa ketika hendak mengajukan permohonan layanan administrasi yang menjadi kewenangan pemerintah desa.

"Harapan kami ke depan semua layanan administrasi yang menjadi kewenangan pemerintah desa bisa dilakukan secara online serta bisa diakses di mana saja melalui ponsel pintar," kata dia.

Guna mendukung program jangka panjang tersebut, Pemerintah Desa Sijono, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang telah melakukan perencanaan terlebih dulu. "Apabila diperlukan nanti tiap RT kita kasih satu unit komputer lengkap dengan jaringan internet untuk menunjang program Desa Sijono Menuju Desa Pintar," ucapnya.

Editor: Maya

Tags

Terkini

X