Babinsa Rela Memotong Rambut Warga Binaannya

- Senin, 27 Januari 2020 | 15:30 WIB
Anggota TNI mencukur rambut Bagong (61) warga RT 9 RW 12, Dusun Sekayu Timur, Desa Ketundan, Pakis, Kabupaten Magelang. (suaramerdeka.com/Eko Priyono)
Anggota TNI mencukur rambut Bagong (61) warga RT 9 RW 12, Dusun Sekayu Timur, Desa Ketundan, Pakis, Kabupaten Magelang. (suaramerdeka.com/Eko Priyono)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Demi membangun komunikasi dengan warga binaannya, seorang bintara pembina desa (babinsa) rela memotong rambut warga. Itu dilakukan salah satu Babinsa Koramil 08/Pakis, Kodim 0705/Magelang, Sertu Anuwari.

Membangun pendekatan dan kemanunggalan dengan rakyat melalui komunikasi sosial (komsos) merupakan salah satu tugas aparat komando kewilayahan. Berkomunikasi dengan masyarakat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tetapi  yang dilakukan Sertu Anuwari bisa dibilang unik, berbeda dengan yang lain.

Di sela-sela kesibukan dia bergotong royong bersama warga melakukan pemulihan pasca bencana alam angin kencang yang terjadi di kawasan Dusun Sekayu Timur, Desa Ketundan, dia menyempatkan.memotong rambut salah satu warga, Minggu (26/1). Adapun yang dipotong adalah penderita difabel Bagong (61) warga RT 9 RW 12, Dusun Sekayu Timur, Desa Ketundan.

Cara memotong rambut warga yang mengalami cacat sejak lahir itu hanya dilakukan di tanah. Sebab kesulitan jika menggunakan kursi. "Kalau menggunakan kursi malah bisa jatuh," tuturnya.
 
Bagong yang merasa rambutnya sudah panjang tidak keberatan untuk dicukur, bahkan merasa senang bisa dicukur oleh seorang tentara secara gratis.

Menurut Bagong, Sertu Anwari Babinsa dari Koramil Pakis itu memiliki keunikan dalam mendekatkan diri dengan warganya. Dengan cara unik anggota TNI melaksanakan silaturahmi di desa binaan, sehingga dapat mengetahui perkembangan di desa. Juga bisa melakukan pendekatan  kepada warga desa, agar tercipta hubungan yang harmonis.
 
"Dengan cara yang berbeda seperti ini saya merasa sangat dekat dan sangat bahagia. Saya merasa begitu diperhatikan oleh pak tentara yang dengan lembut dan santun mau memotong rambut saya," ungkapnya.

Editor: Maya

Tags

Terkini

Ribuan Kader Kesehatan di Sleman Disuntik Booster

Selasa, 30 November 2021 | 13:27 WIB

Hari Naas dan Hari Keberuntungan Selasa Kliwon

Selasa, 30 November 2021 | 10:37 WIB
X