87 Rumah Akan Dijadikan Homestay Swadaya

- Jumat, 24 Januari 2020 | 20:03 WIB
Sosialisasi homestay rumah swadaya dilakukan di Muntilan, Kabupaten Magelang, Jumat (24/1). (Eko Priyono)
Sosialisasi homestay rumah swadaya dilakukan di Muntilan, Kabupaten Magelang, Jumat (24/1). (Eko Priyono)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Sebanyak 87 rumah warga enam desa di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, akan menerima bantuan dana dari Dirjen Penyediaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dalam waktu dekat ini. Bantuan dana masing-masing sebesar Rp 75 juta/rumah itu untuk membangun homestay rumah swadaya.

Anggota Komisi V DPR RI, Ir H Sudjadi, mengatakan hal itu dalam acara sosialisasi calon penerima bantuan homestay rumah swadaya di Muntilan, Jumat (24/1). Hadir dalam acara itu Direktur Rumah Swadaya, Johny Subrata, serta 87 warga dari Desa Ngadiharjo, Karangrejo, Borobudur, Mendut, Kembanglimus, dan Wanurejo. "Saya ingin program bantuan homestay ini sukses, bangunannya bagus, dikelola dengan baik, .dan uangnya tidak dicatut. Setelah uangnya diserahkan, tidak ada oknum yang membawa gunting, silet dan pisau," katanya.

Sehubungan dengan itu, dia minta dilakukan pengawasan. Arsiteknya juga harus selalu mengawal untuk mengatasi kalau ada.perubahan. Selain itu untuk bahan bangunannya koordinatornya adalah kepala desa masing-masing.

Di sisi lain, karena yang menerima bantuan hanya terbatas, maka harus dijaga situasi dan kondisinya. Sebab yang tidak terima bantuan bisa saja komentarnya akan beda. "Tolong warga dibimbing biar menjadi  contoh nasional. Ini dimulai dari Magelang," tuturnya.

Direktur Rumah Swadaya, Johny Subrata, dalam kesempatan itu mengatakan, penanganan Kawasan Strategis Pariwisata  Nasional (KSPN) Borobudur juga terkait perumahan. Dalam hal ini rumah warga yang ditingkatkan dan dikembangkan fungsinya. Ada yang dijadikan homestay, warung, maupun toko suvenir. "Borobudur sudah ditetapkan sebagai 10 KSPN, maka menjadi super prioritas," katanya.

Bali Baru

Sebagai Bali baru tentu ada konsekuensinya, yaitu pembangunan berbagai sektor, baik terkait perhubungan, PUPR, maupun wisata. Salah satu tujuannya agar wisatawan betah tinggal di wilayah Borobudur. Maka harus dibangun homestay.

Atas dibangunnya rumah warga diharapkan keselamatan bangunannya bisa aman. Selain itu dari sisi kesehatan, rumah menjadi bersih dan sehat termasuk sirkulasi udaranya. Lalu, terkondisi kenyamanannya.

Pengerjaannya didesain arsitek yang ditunjuk. Setiap rumah akan dibuat sebuah kamar yang ada kamar mandinya, agar bisa disewakan untuk wisatawan.

Halaman:

Editor: Achmad Rifki

Tags

Terkini

Sapi Milik Peternak Miskin Dibantu Pakan Konsentrat

Minggu, 26 September 2021 | 20:04 WIB

Klinik Bima Husada, Gratis Bagi Warga Tak Mampu

Minggu, 26 September 2021 | 19:04 WIB

Prospek Budi Daya Tanaman Porang di Magelang Terbuka

Minggu, 26 September 2021 | 13:26 WIB

2.358 Peserta Tes Berebut 100 Kuota CPNS Pemkab Kebumen

Sabtu, 25 September 2021 | 15:51 WIB

Belasan Kelompok Tani di Sleman Dibantu Alsintan

Jumat, 24 September 2021 | 14:49 WIB
X