Maket Keberagaman Perkaya Wawasan Siswa

- Rabu, 22 Januari 2020 | 14:55 WIB
Tim PGSD UNY dan karya mereka yakni media pembelajaran agar siswa SD aktif dan interaktif mengikuti pelajaran kewarganegaraan.(suaramerdeka.com/Agung PW)
Tim PGSD UNY dan karya mereka yakni media pembelajaran agar siswa SD aktif dan interaktif mengikuti pelajaran kewarganegaraan.(suaramerdeka.com/Agung PW)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Pendidikan kewarganegaraan pada tahap sekolah dasar memerlukan media nyata. Karena pada masa tersebut seorang anak dapat menerima pembelajaran dengan baik apabila melihat dan terlibat secara langsung kejadian yang berkaitan dengan materi, atau dapat juga melalui media pembelajaran.

Namun kenyataannya ketersediaan dan penggunaan media pembelajaran di SD kurang optimal. Guru cenderung menggunakan metode ceramah dalam pembelajarannya. Sehingga kurang variatif dan monoton. Siswa SD harusnya bisa menangkap secara mudah terutama mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Karena itu, mahasiswa Prodi PGSD, Manis Suryanti, Dwi Rahmad Julianto, Umi Sholikah Dwi Cahyani dan Talia Dika Cahyani membuat media pembelajaran Maket Keberagaman Individu (Makedu) bagi siswa SD. Makedu merupakan media pembelajaran berupa maket evaluasi untuk pembelajaran PPKn siswa kelas IV SD yang di dalamnya terdapat berbagai informasi mengenai keberagaman individu dari berbagai wilayah di Indonesia.

''Dalam Makedu disajikan rumah adat, baju adat, serta keberagaman lainnya yang ada di pulau-pulau besar di Indonesia,'' ungkap Manis.

Belajar Kemajemukan

Maket ini memperjelas materi yang telah dipelajari dalam bahan ajar serta Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Makedu merupakan media untuk belajar tentang kemajemukan masyarakat Indonesia. Masyarakat terdiri atas beragam karakteristik yang berbeda antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lainnya. Karakteristik individu dalam masyarakat beragam jenisnya di antaranya meliputi jenis pekerjaan, ras, suku, pengetahuan, serta agama atau kepercayaan.

Keberagaman karakteristik masyarakat Indonesia bukan menjadi penghambat persatuan dan kesatuan. Sebaliknya, keberagaman karakteristik masyarakat merupakan kekayaan budaya bangsa yang dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dengan saling menghargai dan menghormati satu dengan yang lain.

Cara penggunaan media tersebut, setiap siswa melemparkan dadu yang telah disediakan oleh guru, di situ disediakan rumah adat dengan penomoran sesuai dadu. Siswa yang mendapatkan dadu mengambil pertanyaan dalam amplop sesuai nomor dadu setelah dilempar. Siswa akan menjawab pertanyaan dan kemudian siswa yang benar mendapatkan bintang dan bagi siswa yang salah diberikan penjelasan akan jawaban yang benar dan mendapat apresiasi. Kegiatan ini diulangi hingga semua siswa mencoba media.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Selama Pandemi Pelanggaran Lalu Lintas Turun

Senin, 20 September 2021 | 21:53 WIB

Pesantren Didorong Jadi Kader Penanganan TBC

Senin, 20 September 2021 | 14:45 WIB

Berdayakan Umat, NU Kebumen Kembangkan Pertanian

Minggu, 19 September 2021 | 21:50 WIB

Banyak Petani Frustrasi, Pemerintah Beri Pelatihan

Minggu, 19 September 2021 | 19:20 WIB

Pola Vaksinasi Jemput Bola, Sediakan Ayam untuk Hadiah

Minggu, 19 September 2021 | 15:35 WIB
X