Anggota Koramil 04/Kayen Bersih-bersih Sungai dan Saluran Irigasi

Red
- Sabtu, 4 Januari 2020 | 10:15 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

PATI, suaramerdeka.com - Pergantian musim dari kemarau ke musim hujan tentunya perlu mendapat perhatian. Apalagi di sejumlah wilayah di Kabupaten Pati sering menjadi langganan banjir yang memang disebabkan  banyak faktor. Di antaranya adalah meluapnya sungai karena tidak mampu menampung debit air.

Salah satu penyebab meluapnya sungai adalah karena sumbatan yang diakibatkan banyaknya sampah ranting pohon yang hanyut terbawa arus sungai yang menumpuk di suatu tempat. Mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi sewaktu-waktu, anggota Koramil 04/Kayen bersama Polsek Kayen dan warga setempat bersinergi melaksanakan pembersihan sungai/ saluran Irigasi, Jumat (3/1).

Karya bakti tersebut diikuti para prajurit TNI dari Koramil 04/Kayen yang dipimpin Bati tuud Koramil Kayen Peltu Muji Hanif, anggota Polsek Kayen dan 15 warga Desa Trimulyo, Kecamatan Kayen.

Karya Bhakti pembersihan Saluran irigasi /Sungai yang terletak di dukuh Malangan RT 04/ RW 05 ini dilaksanakan karena banyaknya sampah dari bekas ranting-ranting pohon serta sampah lainya yang sudah mulai meyumbat aliran air sungai sehingga ditakutkan apabila turun hujan akan mengganggu aliran air sungai sehingga akibatnya dapat meluap dan akan menggenangi permukiman penduduk yang dekat dengan daerah aliran sungai.

Sampah- sampah yang menyumbat aliran sungai diangkat dengan perlengkapan serta alat seadanya. Koordinator kegiatan Karya bakti yang juga Bati Tuud Koramil 04/Kayen Peltu Muji Hanif mengatakan, anggota Koramil Kayen bersama Polsek Kayen dan warga dukuh Malangan Desa Trimulyo bersama-sama melaksanakan karya bakti pengangkatan sampah yang mulai menyumbat aliran air.

"Hal ini kami lakukan karena untuk antisipasi apabila turun hujan deras dalam waktu lama akan dapat mengakibatkan banjir ke pemukiman warga, Kebanyakan sampah yang menyumbat sungai adalah dari ranting pohon yang terbawa oarus sungai," tuturnya.

Hanif juga menyampaikan bahwa pekerjaan ini berlangsung lama karena keterbatasan peralatan yang digunakan sehingga harus bekerja secara manual dengan alat seadanya, namun pelan tapi pasti sebagian besar sampah dapat diangkat dari sungai sehingga apabila ada hujan besar aliran sungai menjadi lancar.

Editor: Andika

Tags

Terkini

X