Dedikasi Anggota Buat Organisasi Veteran Tetap Eksis

- Jumat, 3 Januari 2020 | 13:00 WIB
BERI TUMPENG: Ketua DPD LVRI DIY Majyen TNI (Purn) Bahrul Ulum (kanan) memberikan potongan tumpeng kepada salah satu anggota LVRI DIY disela-sela perayaan ulang tahun LVRI ke-63 di Museum TNI AD Kota Jogja. (suaramerdeka.com/Gading Persada)
BERI TUMPENG: Ketua DPD LVRI DIY Majyen TNI (Purn) Bahrul Ulum (kanan) memberikan potongan tumpeng kepada salah satu anggota LVRI DIY disela-sela perayaan ulang tahun LVRI ke-63 di Museum TNI AD Kota Jogja. (suaramerdeka.com/Gading Persada)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) terus eksis di tengah kemajuan teknologi. Saat ini usia organisasi para mantan pejuang kemerdekaan itu sudah menginjak 63 tahun.

“Organisasi LVRI dibentuk pada 2 Januari 1957 hingga sekarang masih eksis karena dedikasi tinggi para anggotanya. Selain itu diperkuat dengan beberapa aturan termasuk yang terakhir adanya UU Nomor 15 tahun 2012,” jelas Ketua DPD LVRI DIY Majyen TNI (Purn) Bahrul Ulum.

Menurutnya, terbentuknya LVRI merupakan suatu bentuk penghargaan dan penghormatan dari pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia kepada para veteran. Penghargaan dan penghormatan itu diberikan secara tulus kepada veteran yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Dia menjelaskan, pada usia ke-63 LVRI, para veteran tetap mempertahankan Jiwa, Semangat dan Nilai (JSN) ‘45 agar dapat menjadi contoh supaya generasi muda nantinya tetap solid, bisa dipercaya dan dapat meneruskan pembangunan.

“Walau usia tua, kami tetap melaksanakan apa yang digariskan pusat dan apa yang ada di dalam undang-undang No 15 tahun 2012,” tegas dia.

Atas dasar itu, lanjut Ulum, sebagai wujud dari tugas DPP LVRI sejak 2012 sudah melaksanakan berbagai program pewarisan JSN ‘45 kepada generasi penerus bangsa dari berbagai tingkatan pendidikan mulai pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Terlebih program sosialisasi JSN ‘45 akan terus dikembangkan lebih luas dengan metode pelatihan lebih menarik agar mudah dipahami dan dimengerti.

“Kepada seluruh jajaran LVRI baik tingkat DPP, DPD, DPC hingga ranting agar tetap berkomunikasi dengan semua komponen masyarakat termasuk jajaran pemerintah,” jelasnya.

Lebih lanjut diutarakan Ulum, terkait kesejahteraan, dia mengungkapkan bahwa selama ini para veteran mendapatkan tunjangan veteran dan tunjangan kehormatan yang diterima setiap bulannya.

“Semoga di HUT ke-63 ini pemerintah dapat lebih semangat dan bergelora untuk meningkatkan kesejahteraan para legiun veteran yang tersebar di DIY,” tandas dia.

Editor: Maya

Tags

Terkini

PPKM Level 3 Batal, DIY Tetap Perketat Pengawasan

Rabu, 8 Desember 2021 | 10:36 WIB

PKS: Kitab Kuning Pondasi Pembangunan Peradaban

Senin, 6 Desember 2021 | 12:03 WIB

Komunitas Save Pekalongan Bantu Warga Terdampak Rob

Senin, 6 Desember 2021 | 09:12 WIB
X