Kontrak Pengadaan Pemkab Sleman Diteken Lebih Awal

- Selasa, 31 Desember 2019 | 17:36 WIB
Foto Istimewa
Foto Istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Pemerintah Kabupaten Sleman melakukan penandatanganan kontrak paket pengadaan barang dan jasa tahun 2020 lebih awal. Kontrak ditandatangani tepat di pengujung tahun 2019 yakni tanggal 31 Desember.

Acara penandatanganan kontrak disaksikan secara langsung oleh Bupati Sleman Sri Purnomo didampingi Sekretaris Daerah  Sumadi beserta sejumlah pejabat instansi Pemkab Sleman di Ruang Praja 2 Setda. Kepada wartawan, Sri Purnomo membeberkan, kontrak pekerjaan tahun 2020 yang diteken berjumlah 28 paket senilai Rp 27,3 miliar.

Pekerjaan tersebut terdiri dari paket konstruksi sebanyak 4 paket, pengadaan barang 4 paket, dan jasa lainnya 20 paket. Jumlah ini meningkat banyak dibanding tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 11 paket.

“Selain 28 paket tersebut, sampai hari ini total dokumen pengadaan barang jasa yang sudah dilimpahkan ke Bagian Pengadaan Barang Jasa ada sebanyak 59 paket, dan sudah tayang di SPSE (Sistem Pengadaan Secara Elektronik). Proyek itu akan mendapatkan penyedia pada bulan Januari 2020,” ujarnya.

Menurut Sri, langkah penandatanganan kontrak lebih awal ini dengan harapan agar pengadaan barang dan jasa dapat memberikan hasil yang maksimal, dan bisa segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dalam kesempatan itu, Sri juga menyampaikan bahwa dalam paket pekerjaan tahun 2020 yang telah ditandatangani terdapat efisiensi anggaran sebesar Rp 4,2 miliar atau 13,56 persen.  Nilai awalnya yakni Rp 31,5 miliar dan bisa ditekan menjadi Rp 27,3 miliar.

Terpisah, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY Masyhudi mengatakan, meski Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) telah dibubarkan, jajarannya tetap akan melakukan pengawasan terhadap proyek di lingkungan pemerintah. "Kalau ada penyimpangan, kami tidak akan segan menindaklanjuti," ujar dia.

Monitoring oleh kejaksaan khususnya bidang intelijen dan tata usaha negara, dimaksudkan agar pelaksanaan proyek itu berdaya guna. Harapannya, semua pekerjaan bisa selesai tepat waktu, sasaran, dan mutu.(Amelia Hapsari)

 

Editor: Maya

Tags

Terkini

Pengurus Cabang IAKMI Se-Jateng Dilantik

Sabtu, 4 Februari 2023 | 15:45 WIB

Etika Digital dalam Bermedia Cegah Turbulensi Politik

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:48 WIB
X