Penginapan Agrowisata Teh Kaligua Penuh, Warga Siapkan Homestay

- Selasa, 31 Desember 2019 | 07:52 WIB
GUA JEPANG: Peninggalan penjajahan  gua Jepang  menjadi salah satu wisata sejarah di Kebun Teh Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes. (suaramerdeka.com/Teguh Inpras)
GUA JEPANG: Peninggalan penjajahan gua Jepang menjadi salah satu wisata sejarah di Kebun Teh Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes. (suaramerdeka.com/Teguh Inpras)

BUMIAYU, suaramerdeka.com - Agrowisata Kebun Teh Kaligua menjadi pilihan menghabiskan liburan tahun baru 2020. Objek wisata di kaki Gunung Slamet, di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan ini merupakan kombinasi wisata alam dan sejarah.

Selain pemandangan hamparan kebun teh dan udara segar khas pegunungan, pengunjung bisa menikmati jejak penjajahan Jepang, berupa gua Jepang. Semasa penjajahan Jepang, gua itu sebagai tempat persembunyian tentara Jepang dari serangan musuh.

Untuk menyambut tahun baru 2020, Supervisor Agrowisata Kebun Teh Kaligua Marjono, mengungkapkan telah menyiapkan berbagai kegiatan salah satunya hiburan musik."Untuk penginapan atau vila di kebun teh sudah habis di-booking. Tetapi biasanya warga sekitar juga menyiapkan homestay," ujarnya

Sementara itu, Marjono menambahkan gua Jepang dibangun sekitar tahun 1943-1945. Di dalam  gua sepanjang 850 meter tersebut, terdapat sejumlah ruangan seperti kamar komandan, kamar tahanan, kamar penyiksaan dan gudang senjata.

Pada tahun 1880-an,  gua Jepang dibuka oleh masyarakat untuk mencari barang-barang peninggalan tentara Jepang. Baru sekitar pada 1997,  gua Jepang dibuka untuk wisata.

"Pengunjung yang ingin masuk ke dalam  gua agar memberitahu ke pemandu wisata. Selain demi keamanan juga agar cerita sejarah tersampaikan dengan baik," kata Marjono. 

Selain  gua Jepang, tempat wisata lain di kebun teh Kaligua adalah Tuk Bening. Sebuah sumber air yang disebut oleh masyarakat sebagai mata air abadi karena tak pernah surut. Di lokasi ini, terdapat sejumlah permainan anak seperti perahu kayuh, ada spot-spot menarik bagi penggemar selfie.

Lalu ada Puncak Sakub bagi pengunjung yang ingin melihat matahari terbit."Kami siapkan kendaraan khusus bagi pengunjung yang ingin ke Puncak Sakub," ujarnya.

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

Berdayakan Umat, NU Kebumen Kembangkan Pertanian

Minggu, 19 September 2021 | 21:50 WIB

Banyak Petani Frustasi, Pemerintah Beri Pelatihan

Minggu, 19 September 2021 | 19:20 WIB

Pola Vaksinasi Jemput Bola, Sediakan Ayam untuk Hadiah

Minggu, 19 September 2021 | 15:35 WIB

HUT Ke-76, PMI Sleman Siapkan Berbagai Inovasi

Sabtu, 18 September 2021 | 06:45 WIB

BPBD Kaji Risiko Kebencanaan Jelang Musim Penghujan

Jumat, 17 September 2021 | 16:28 WIB
X