Festival Ilmuwan Cilik Siapkan SDM Unggul Sejak Dini

- Rabu, 20 November 2019 | 22:21 WIB
MENGASAH KECERDASAN: Sejumlah anak-anak mengikuti Festival Ilmuwan Cilik di Lapangan drh Soepardi, Kota Mungkid, Selasa (19/11). (suaramerdeka.com/Dok)
MENGASAH KECERDASAN: Sejumlah anak-anak mengikuti Festival Ilmuwan Cilik di Lapangan drh Soepardi, Kota Mungkid, Selasa (19/11). (suaramerdeka.com/Dok)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Presiden RI Joko Widodo manargetkan Indonesia bisa menjadi 5 besar negara ekonomi terkuat di dunia pada 2045 mendatang. Untuk itu dalam program kerjanya pemerintah fokus membangun SDM yang unggul. Dalam rangka mewujudkan SDM unggul tersebut, Pemerintah Kabupaten Magelang menindaklanjutinya dengan menggelar Festival Ilmuwan Cilik di Lapangan drh Soepardi, Kota Mungkid, Selasa (19/11).

Pemerintah Kabupaten Magelang bekerja sama dengan PP Paud Dikmas Jateng menggelar kegiatan dengan mengangkat tema “Menyiapkan Generasi Unggul Sejak Dini Di Era 4.0“. Sekitar 2.700 peserta dari berbagai PAUD se- Kabupaten Magelang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Selain itu juga terdapat 100 stan penelitian yang sangat mengedukasi anak-anak, diantaranya stan perikanan, pertanian, peternakan dan kerajinan anak.

Bupati Magelang Zaenal Arifin mengungkapkan Festival Ilmuwan Cilik (FIC) adalah langkah Pemkab Magelang mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul mulai sejak dini.

“Kebersamaan antara pemerintah, masyarakat dan orang tua dapat kita lihat dalam Festival Ilmuwan Cilik. Holistik integratif memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki oleh anak. Kegiatan ini diharapkan mampu mewujudkan SDM yang unggul sejak dini dengan membentuk anak-anak yang sehat, cerdas, ceria serta berakhlak mulia,”jelasnya.

DalamFIC, diterapkan metode Steam (Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika) dengan konsep pendekatan yang berbeda. Dengan konsep tersebut anak-anak  diminta membuat karya langsung dengan konsep bermain, tetapi sebenarnya mereka sedang belajar dan melakukan sebuah penelitian. Metode inilah yang dikembangkan oleh PP Paud di Kabupaten Magelang.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum dan pendiri LEPRID (Lembaga Prestasi Indonesia Dunia) Paulus Pangka memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Festival Ilmuwan Cilik yang diprakarsai Bupati Magelang Zainal Arifin dan Kepala PP PAUD dan Dikmas Jateng Djajeng Baskoro. Menurutnya, FIC yang diinisiatori Bunda PAUD Kabupaten Magelang Christanti Handayani SE adalah langkah efektif dalam menyiapkan SDM Unggul Indonesia sejak usia dini.

“Kegiatan ini sangat luar biasa untuk membentuk anak-anak yang cerdas dalam rangka menyiapkan SDM Indonesia yang unggul. Hebatnya lagi, kegiatan ini didukung dengan antusiasme peserta yang cukup banyak, yaitu mencapai lebih dari 2700 peserta serta 100 stan penelitian yang sangat edukatif," jelasnya.

Untuk itu, Leprid menganugerahkan Piagam Prestasi Rekor kegiatan tersebut sebagai Festival Ilmuwan Cilik dan Percobaan Sains Terbanyak dan mencatatnya dalam urutan rekor ke-545.

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

Memanen Matahari, Memanen Padi

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:24 WIB
X