Registrasi PSAT, Kini Cukup di Dispabun Cilacap, Berlaku Lima Tahun

- Selasa, 14 September 2021 | 07:12 WIB

CILACAP, suaramerdeka.com - Pemerintah memberi kemudahan bagi pelaku usaha skala mikro dan kecil (UMK) di bidang ketahanan pangan untuk mengurus Registrasi Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT).

Saat ini kewenangan penerbitan registrasi PSAT Produksi Dalam Negeri Usaha Kecil (PSAT PDUK), ada di pemerintah kabupaten/kota.

Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan (Dispabun) Cilacap, Ir Susilan, mengatakan ketentuan registrasi PSAT PDUK yaitu, setiap pelaku usaha perdagangan eceran baik makanan segar, sayuran, buah-buahan, perdagangan eceran beras dan hasil pertanian lainnya, jasa pasca panen dan industri PSAT skala mikro dan kecil, yang melakukan pengemasan akhir pada produknya wajib mengajukan registrasi PSAT-PDUK .

Baca Juga: Kapolres Tekankan Anggota Disiplin Prokes di Tempat Tugas dan di Lingkungan Keluarga

Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 7 Tahun 2021, yang dimaksud usaha mikro yaitu usaha yang memiliki modal kurang dari Rp 1 miliar, di luar asset tanah dan bangunan, atau memiliki penjualan tahunan kurang lebih Rp 2 miliar.

Sedangkan yang dimaksud usaha kecil menurut PP Nomor: 7 Tahun 2021 yaitu, suatu usaha yang memiliki modal di luar tanah dan bangunan sebesar Rp 1 miliar sampai Rp 5 miliar atau memiliki penjualan tahunan antara Rp 2 miliar sampai Rp 15 miliar.

“Semua pelaku usaha di bidang ketahanan pangan bisa mengajukan registrasi PSAT PDUK, seperti petani, kelompok tani, gabungan kelompok tani, perorangan dan badan usaha,” kata Susilan.

Baca Juga: 68 Desa Di Purworejo Rawan Kekeringan, BPBD Siapkan Droping Air Bersih

Dijelaskan, ada beberapa jenis perizinan berusaha bidang ketahanan pangan. Pertama, periizinan berusaha Sertifikat Penerapan Penanganan yang Baik (SPPB) PSAT yang memiliki masa berlaku 5 tahun.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Temanggung akan Dijadikan Super Prioritas Pertanian

Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:41 WIB

Pemalang Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 14:11 WIB
X