Peringati Sumpah Pemuda, Koramil Gondokusuman Inisiasi Persatuan Indonesia

- Senin, 28 Oktober 2019 | 13:12 WIB
 SAMBUTAN: Danramil 03/Gondokusuman Kapten Inf Surono didampingi Kapolsek dan Camat Gondokusuman memberikan sambutan dalam Acara Budaya memperingati Hari Sumpah Pemuda di Makoramil Gondokusuman Kota Jogja, Minggu (27/10) malam. (suaramerdeka.com / Gading Persada)
SAMBUTAN: Danramil 03/Gondokusuman Kapten Inf Surono didampingi Kapolsek dan Camat Gondokusuman memberikan sambutan dalam Acara Budaya memperingati Hari Sumpah Pemuda di Makoramil Gondokusuman Kota Jogja, Minggu (27/10) malam. (suaramerdeka.com / Gading Persada)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Momentum peringatan Sumpah Pemuda yang jatuh tepat hari ini bener-benar dimanfaatkan untuk merekatkan persatuan dan kesatuan di masyarakat yang sempat terpolarisasi karena adanya perbedaan politik saat Pemilu lalu. Diinisiasi Koramil 03/Gondokusuman Kota Jogja, sebuah Acara Budaya dengan tema 91 tahun Sumpah Pemuda bersama TNI dan rakyat Bangun Pemuda Satukan Indonesia yang digelar di Makoramil Gondokusuman, Minggu (27/10) malam.

"Acara ini diikuti seluruh komponen masyarakat, mahasiswa, tokoh agama, tokoh adat dan berbagai organisasi kemasyarakatan di wilayah kami berikrar untuk terus membangun persatuan Indonesia," tegas Danramil 03/Gondokusuman Kapten Inf Surono di sela acara semalam (27/10).

Danramil Gondokusuman Kapten Inf Surono didampingi perwakilan pihak kepolisian dan pemerintah kecamatan setempat pun sepakat akan terus bersinergi untuk menjaga ketenteraman dan keamanan warga dengan merajut persatuan antar warga dengan Koramil, Polsek dan Kecamatan.

Danramil menjelaskan bahwa acara yang dilaksanakan ini adalah murni kesadaran dari seluruh warga Gondokusuman yang terdiri dari berbagai lapisan baik pelajar, mahasiswa, tokoh adat dan agama untuk bersama sama mengikrarkan semangat sumpah pemuda untuk menjaga persatuan Indonesia. Kegiatan ini juga dalam rangka mengaplikasikan semangat HUT TNI yang ke 74 yang jatuh pada 5 Oktober lalu yang mengusung motto TNI profesional kebanggaan rakyat. 

"Kami ngin menyatukan keberagaman yang ada di masyarakat Gondokusuman ini melalui semangat HUT TNI dan Sumpah Pemuda, semoga apa yang dilakukan Gondokusuman dapat menular ke daerah lain," tutur Surono.

Sementara itu, Dandim 0734/Yogyakarta Kolonel Arh Zaenudin yang turut hadir dalam kegiatan tersebut sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Koramil Gondokusuman beserta masyarakat Gondokusuman dalam mengisi dan menyambut momen sumpah pemuda. 

"Mari kita bergandengan tangan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di mulai dari Gondokusuman ini. Kita tahu banyak keanekaragaman mulai dari suku, ras dan agama yang ada di Indonesia, untuk itu persatuan perlu kita jaga," pinta Dandim.

Salah satu warga sekaligus penyelenggara acara Ignatius Prayogo memberikan apresiasi kepada para Babinsa dari Koramil dan Bhabinkamtibmas dari Polsek yang bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan Gondokusuman dalam memberikan  rasa aman dan nyaman

Editor: Andika

Tags

Terkini

X