Presiden Minta Pemkab Sleman Optimalkan Vaksinasi Lansia

- Jumat, 10 September 2021 | 15:48 WIB
Jawa Tengah vaksinasi lansia Indonesia (Cun Cahya)
Jawa Tengah vaksinasi lansia Indonesia (Cun Cahya)


SLEMAN, suaramerdeka.com - Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan ke Yogyakarta, Jumat, 10 September 2021. Salah satu agenda Presiden adalah memberikan pengarahan kepada jajaran Forkompinda se-DIY yang digelar di Kompleks Kepatihan.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut Presiden menginstruksikan kepada Pemkab Sleman supaya mengoptimalkan vaksinasi kelompok warga lansia.

Hal ini mengingat, lansia cukup rawan terpapar virus corona bahkan kasus kematian paling tinggi terjadi pada kalangan lansia yakni sebesar 46,6 persen.

"Berangkat dari permasalahan itu, kami diminta segera menyusun strategi untuk mendorong percepatan vaksinasi bagi lansia. Salah satunya dengan mengalokasikan vaksin khusus, dan memprioritaskan lansia dalam setiap pelaksanaan vaksinasi," kata Kustini dikonfirmasi usai pertemuan.

Baca Juga: Kontroversi Pernyataan Ketua KPI, Pengamat Media: Edukasi Kekerasan Seksual Tak Perlu Libatkan Pelaku

Saat ini, vaksinasi untuk kelompok usia di atas 60 tahun di Sleman telah mencapai 55,1 persen untuk dosis pertama.

Dari target 159.395 lansia, sejauh ini sudah 68.776 orang yang tervaksin. Adapun vaksinasi dosis kedua tercapai 39,8 persen atau 49.824 orang.

Selain vaksinasi lansia, Presiden juga menyoroti tingginya mobilitas masyarakat di daerah Sleman.

Oleh karenanya, Pemkab diminta menyiapkan strategi lain untuk mengatur pergerakan masyarakat agar tidak menimbulkan klaster baru. Terlebih belakangan muncul varian baru Mu.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ganjar: Sikapi Fenomena Alam dengan Ilmu Titen

Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:41 WIB
X