Makam Ki Enthus Jadi Objek Wisata Religi

- Rabu, 16 Oktober 2019 | 09:48 WIB
ZIARAH : Sejumlah pelajar MI NU 01 Kaladawa, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal berziarah di Makam Bupati Tegal Enthus Susmono. (suaramerdeka.com / Dwi Putra GD)
ZIARAH : Sejumlah pelajar MI NU 01 Kaladawa, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal berziarah di Makam Bupati Tegal Enthus Susmono. (suaramerdeka.com / Dwi Putra GD)

TALANG, suaramerdeka.com - Makam Bupati Tegal, Ki Enthus Susmono di kediaman Desa Bengle, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, ramai dikunjungi para peziarah. Lokasi makam berada di Sanggar Satria Laras itu, kini menjadi salah satu tujuan wisata religi bagi warga lokal dan luar daerah.

Sanggar Satria Laras sebelum almarhum Ki Enthus Susmono meninggal, ramai dikunjungi masyarakat, terutama para pelajar. Sanggar itu semacam museum wayang yang bisa menjadi wahana pendidikan bagi para pelajar. Bahkan, museum wayang juga didirikan di Rumah Dinas Bupati Tegal, kala itu. Selain itu, makam Bupati Enthus juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Salah satunya pelajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nahdlatul Ulama (NU) 01 Kaladawa, Kecamatan Talang, ziarah kubur di Makam Bupati Tegal Enthus Susmono pada Senin (14/10). "Kegiatan ini merupakan agenda jeda PTS semester ganjil. Kami mengajak anak-anak untuk berziarah ke Makam Bupati Enthus," kata Kepala MI NU 01 Kaladawa, Sobirin.

Menurutnya, kegiatan itu sekaligus mendidik siswa bisa melaksanakan tahlil kubur. Di hadapan anak didiknya, Sobirin menjelaskan Enthus Susmono merupakan Bupati Tegal periode 2014-2019. Namun, Enthus tidak bisa menyelesaikan masa tugasnya karena meninggal pada Senin 14 Mei 2018.

Cek hotel di kabupatan Tegal dengan harga terbaik

Di masa kepemimpinannya, Enthus berhasil membawa nama baik Kabupaten Tegal di kancah nasional. Antara lain, meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pengawasan Keuangan (BPK) RI, meraih Piala Adipura tahun 2017, dan penghargaan Pangripta Abripaya Provinsi Jawa Tengah 2018, dan Terbaik 1 Nasional dengan Penghargaan Pembangunan Daerah 2018.

Sobirin menambahkan, setelah melakukan doa dan zikir di makam tersebut, para pelajar diajak berkunjung ke sentra batik Tegalan di Desa Bengle, Kecamatan Talang. Mereka belajar tentang cara membatik yang baik dan benar.  "Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk anak didik kami," katanya.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Sapi Milik Peternak Miskin Dibantu Pakan Konsentrat

Minggu, 26 September 2021 | 20:04 WIB

Klinik Bima Husada, Gratis Bagi Warga Tak Mampu

Minggu, 26 September 2021 | 19:04 WIB

Prospek Budi Daya Tanaman Porang di Magelang Terbuka

Minggu, 26 September 2021 | 13:26 WIB

2.358 Peserta Tes Berebut 100 Kuota CPNS Pemkab Kebumen

Sabtu, 25 September 2021 | 15:51 WIB

Belasan Kelompok Tani di Sleman Dibantu Alsintan

Jumat, 24 September 2021 | 14:49 WIB
X