Warga Miskin di Jogja dapat Bantuan Jamban Gratis

- Selasa, 24 September 2019 | 10:56 WIB
JAMBAN: Sejumlah babinsa Koramil 13/Ngampilan Kota Yogyakarta tengah membuat kamar mandi dan memasang jamban di rumah Sapto Nugroho warga RT 18 RW 03 Ngampilan, Kecamatan Ngampilan, Kota Jogja. (suaramerdeka.com/Dok)
JAMBAN: Sejumlah babinsa Koramil 13/Ngampilan Kota Yogyakarta tengah membuat kamar mandi dan memasang jamban di rumah Sapto Nugroho warga RT 18 RW 03 Ngampilan, Kecamatan Ngampilan, Kota Jogja. (suaramerdeka.com/Dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Membudayakan hidup sehat selalu digelorakan kalangan TNI. Termasuk yang dilakukan Koramil 13/Ngampilan Kota Yogyakarta yang membagikan secara gratis jamban-jamban kepada warga miskin di wilayahnya.

"Kami memang ingin membudayakan hidup sehat di masyarakat, sebab meski lokasi di wilayah perkotaan namun tak sedikit warganya yang belum memiliki jamban," papar Komandan Koramil (Danramil) 13/Ngampilan Kota Jogja, Lettu Inf Makassau, Selasa (24/9).

Menurut pria asli Makassar tersebut program membantu warga miskin dilakukan Komando Distrik Militer (Kodim) 0734/Yogyakarta secara serentak dan dalam semesternya diberikan tiga jamban secara gratis kepada masyarakat. Sehingga dalam setahunnya ada enam jamban disetiap koramil di jajaran Kodim Jogja.

"Termasuk di wilayah kami, bantuan jamban gratis juga diberikan kepada beberapa warga yang sesuai kategori peruntukannya," tuturnya.

Menurut dia, kegiatan pembuatan jamban gratis bagi masyarakat  miskin dan kurang mampu serta masih belum layak tersebut sebagai  wujud kepedulian satuan Koramil 13/Ngampilan dan Kodim 0734)Yogyakarta akan kondisi masyarakat yang masih belum memiliki jamban. Sebab tanpa  jamban sangat berpengaruh  terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

"Pembuatan jamban tersebar di tiap-tiap kelurahan yang sebelumnya terlebih dahulu didata oleh para Babinsa sehingga tepat sasaran bagi masyarakat khususnya kurang mampu dan di rumahnya belum tersedia jamban," jelas dia.

Lebih lanjut Makassau menjelaskan kegiatan program jambanisasi ini dalam upaya program Kodam IV/Diponegoro untuk mencapai tujuan agar masyarakat hidup sehat, tidak ada lagi masyarakat yang buang hajat di sembarang tempat seperti di sungai atau tempat yang tidak sehat.

"Sedangkan untuk jajaran  Kodim  0734 pembangunan jambanisasi  dengan  jumlah sasaran program setiap Koramil 3 sasaran dalam satu semester jadi  3 x 14  ada 42 jamban, jadi dalam setahun Koramil jajaran Kodim 0734/Yogyakarta berjumlah  84 jamban," tandas dia.

Di Kecamatan Ngampilan, warga yang mendapatkan bantuan jamban gratis seperti Sapto Nugroho yang tinggal di RT 18 RW 03 Kelurahan Ngampilan. Bantuan diserahkan secara simbolis untuk mewakili warga  lainnya yang akan dibantu renovasi toilet dengan dua sasaran warga lainnya Edi  Suryana di RT 68 RW 13 serta And Argo Isnanto di RT 27 RW 05.

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

X