Digitalisasi Zakat Sebuah Keharusan, Kiai Darodji: Jangan Manual Lagi

- Rabu, 1 September 2021 | 23:05 WIB
Ketua Umum Baznas Provinsi Jateng Dr KH Ahmad Darodji MSi saat menjadi pembicara dalam Focus Group Discussion tentang Digitalisasi Zakat di Era Digital. (suaramerdeka.com/dok)
Ketua Umum Baznas Provinsi Jateng Dr KH Ahmad Darodji MSi saat menjadi pembicara dalam Focus Group Discussion tentang Digitalisasi Zakat di Era Digital. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jateng Dr KH Ahmad Darodji MSi mengatakan, digitalisasi zakat di sebuah lembaga zakat baik Baznas maupun Lembaga Amil Zakat (LAZ) merupakan sebuah keharusan.

‘’Apabila institusi zakat ingin eksis di masa digital ini, ya harus mau tidak mau lakukan secara digital jangan manual lagi,’’ tegas Kiai Darodji, belum lama ini.

Kiai Darodji menyampaikan hal tersebut saat menjadi pembicara dalam Focus Group Discussion tentang Digitalisasi Zakat di Era Digital.

Kegiatan diselenggarakan Rumah Riset Mahasiswa “Mafatihul Huda” Ngalian Semarang di Hotel Candi Indah Semarang.

Baca Juga: God Bless, Nasution Bersaudara, Rumah Jadi Tempat Latihan

Kiai Darodji yang juga Ketua Umum MUI Jawa Tengah itu mengatakan, tugas Baznas dan LAZ menjadikan mustahiq zakat (penerima zakat) menjadi Muzakki (orang yang berzakat).

‘’Mustahiq jangan jadi mustahiq profesional yang selalu menjadi mustahiq. Oleh karena itu tugas institusi zakat adalah melayani muzakki sekaligus memberdayakan mustahiq,’’ katanya.

Pimpinan Rumah Zakat Jawa Tengah, Aris mengatakan proses transfiormasi digital zakat di Rumah Zakat, salah satu LAZ yang telah mendapatkan penghargaan Top Digital Award Implementation on Social Institution di tahun 2019 dan tahun 2020.

Transformasi digital zakat yang menarik dari yang disampiakan Aris adalah beralihnya fundraising offline ke online.

Baca Juga: Semarang jadi Contoh Daerah yang Mampu Kendalikan Covid-19, Reisa: Warga Patuh Pakai Masker Capai 97 Persen

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

PKS: Kitab Kuning Pondasi Pembangunan Peradaban

Senin, 6 Desember 2021 | 12:03 WIB

Komunitas Save Pekalongan Bantu Warga Terdampak Rob

Senin, 6 Desember 2021 | 09:12 WIB

Gading Paradise, Hadirkan Miniatur Eropa di Kebumen

Minggu, 5 Desember 2021 | 11:14 WIB
X