Purworejo Masih Level 4, Pasien Covid-19 Dimasukkan ke Isolasi Terpusat

- Rabu, 1 September 2021 | 19:50 WIB
Gedung Diklat Kutoarjo di Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo dijadikan isolasi terpusat. (suaramerdeka.com/aris himawan)
Gedung Diklat Kutoarjo di Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo dijadikan isolasi terpusat. (suaramerdeka.com/aris himawan)

PURWOREJO, suaramerdeka.com - Gedung Diklat Kutoarjo di Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo dijadikan isolasi terpusat (isoter). Menyusul kasus Covid-19 di Kabupaten Purworejo masih tinggi bahkan masuk level 4.

Untuk mengendalikan penyebaran Covid-19, terpaksa dengan melakukan penjemputan warga positif Covid-19, yang tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan.

Hingga saat ini sudah ada 9 orang dimasukkan ke tempat isolasi terpusat. Mereka berasal dari Puskesmas Semawung sebanyak 4 orang, Puskesmas Wirun 2 orang, serta Puskesmas Kutoarjo, Bayan dan Gebang masing-masing 1 orang.

Baca Juga: Update Covid 1 September: Kasus Aktif Bertambah 10.337, Pasien Sembuh 16.394 Orang

Sekda Purworejo Said Romadhon menjelaskan, dimasukkannya warga positif Covid-19 ke lokasi isoter bertujuan untuk memutus penyebaran pada klaster keluarga.

Apalagi banyak keluarga yang tidak memiliki tempat khusus untuk melakukan isolasi mandiri (isoman).

“Selain itu, masih ditemukan warga yang positif Covid-19 dan melakukan isoman, namun ternyata masih berkeliaran kemana-mana,” kata Sekda ketika dikonfirmasi suaramerdeka.com, Rabu (1/9).

Sekda menjelaskan bahwa Gedung Diklat Kutoarjo merupakan lokasi yang memang sudah dipersiapkan untuk isoter tingkat kabupaten. Di gedung tersebut sudah dipersiapkan 56 tempat tidur, dengan fasilitas yang representatif, perbekalan dan pelayanan nakes.

“Selain itu, juga disediakan tempat isoter di 16 kecamatan, yang jumlahnya mencapai 2.548 tempat tidur,” katanya.

Dijelaskan bahwa untuk menentukan seseorang masuk isoter kabupaten, kecamatan atau rumah sakit, ada kriterianya. Warga yang terpapar namun tidak bergejala, akan dimasukkan isoter kecamatan.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Pesta Miras di Cepu Memakan Korban, 5 Orang Tewas

Kamis, 20 Januari 2022 | 08:48 WIB

Penduduk Miskin Jawa Tengah Turun 175,74 Ribu Orang

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:20 WIB

Polres Boyolali Musnahkan 300 knalpot Brong

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:57 WIB
X