42 Anggota Paskibraka Siap Bertugas di Upacara HUT RI

- Jumat, 16 Agustus 2019 | 13:43 WIB
PASKIBRAKA: Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito mengukuhkan 42 anggota Paskibraka yang akan bertugas pada upacara HUT ke-74 Republik Indonesia di Lapangan Rindam IV/Diponegoro Magelang. (Foto suaramerdeka.com/Asef Amani)
PASKIBRAKA: Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito mengukuhkan 42 anggota Paskibraka yang akan bertugas pada upacara HUT ke-74 Republik Indonesia di Lapangan Rindam IV/Diponegoro Magelang. (Foto suaramerdeka.com/Asef Amani)

MAGELANG, suaramerdeka.com – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Magelang siap bertugas pada Upacara HUT ke-74 Republik Indonesia di Lapangan Rindam IV/Diponegoro Magelang, Sabtu (17/8). Sebelumnya, mereka dikukuhkan terlebih dahulu oleh Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito.

Bertempat di Pendopo Pengabdian Kota Megelang, Kamis (15/8), sebanyak 42 anggota dikukuhkan. Mereka telah menempuh seleksi ketat dari ratusan siswa SMA sederajat se-Kota Sejuta Bunga.

Sebelum pelaksanaan upacara, puluhan anggota ini telah melakukan latihan keras. Latihan dilaksanakan sejak 26 Juni 2019 yang dipandu langsung pelatih berkompeten di bidang Tata Upacara Bendera Peraturan Baris Berbaris (TUB PBB) dari Polres Magelang Kota dan Kodim 0705/Magelang, serta anggota Purna Paskibra Indonesia (PPI) Kota Magelang tahun 2018.

Usai pengukuhan, Sigit mengaku bangga dengan mekanisme seleksi anggota Paskibraka di wilayahnya. Mereka adalah putra putri terbaik daerah yang menjadi teladan bagi masyarakat.

“Sudah melalui tahapan panjang dan seleksi yang sangat ketat. Mulai dari seleksi fisik, kesehatan, pengetahuan umum, psikologi, sampai berbahasa. Maka, kalian adalah pilihan,” ujarnya.

Dia berpesan kepada anggota Paskibraka terpilih agar bisa menjadi perintis dan teladan bagi lingkungan, baik sikap, perilaku semangat maupun ucapan. Terpenting harus bertanggung jawab, terus berkarya untuk bangsa, dan tidak menjadi kelompok yang jauh dari masyarakat.

Menurutnya, Paskibraka adalah pelaku istimewa yang punya semangat pantang menyerah dan terus menjaga solidaritas. Ucapan Paskibraka, kata Sigit, merupakan ucapan seorang kesatria.

“Saya berpesan, di balik indah dan gagahnya seragam Paskibraka ada tanggung jawab yang harus diemban, yaitu sebagai pelopor, orang yang berperilaku mulia, sebagai generasi bangsa yang bermartabat. Menjadi Paskibraka adalah sebuah kehormatan, kepercayaan karena tidak datang ke setiap orang," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang, Jarwadi mengutarakan, seleksi menjadi anggota Paskibraka sangatlah ketat. Mulai dari tahap tes pengetahuan umum, fisik, wawancara, hingga tes bahasa.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Sebanyak 494 Tenaga Medis Berebut Formasi ASN dan PPPK

Selasa, 28 September 2021 | 15:33 WIB

Kesongo Kembali Semburkan Lumpur, Warga Berhamburan

Selasa, 28 September 2021 | 12:30 WIB

Angka Stunting Tinggi, Pemerintah Libatkan Mahasiswa

Senin, 27 September 2021 | 19:18 WIB

Hujan Deras, Rumah Rusak Diterjang Longsor

Senin, 27 September 2021 | 15:40 WIB

2.302 Peserta Ikuti SKD CASN Pemkot Magelang

Senin, 27 September 2021 | 15:12 WIB
X