Targetkan Lumbung Pangan 2045, Percepat Tumbuhkan Petani Milenial

- Sabtu, 10 Agustus 2019 | 15:19 WIB
CETAK PETANI MILENIAL: Rakor lintas sektoral untuk menumbuhkan petani milenial di Cilacap. (Foto suaramerdeka.com/Hanung Soekendro)
CETAK PETANI MILENIAL: Rakor lintas sektoral untuk menumbuhkan petani milenial di Cilacap. (Foto suaramerdeka.com/Hanung Soekendro)

CILACAP, suaramerdeka.com - Menurunnya minat generasi muda untuk terjun di dunia pertanian menjadi perhatian serius Kementerian Pertanian. Upaya menumbuhkan generasi petani milenial pun mulai dilakukan.

Dalam pelaksanaanya, Kementan menunjuk Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma) sebagai penanggung jawab Petani Milenial di tingkat kabupaten.

Direktur Polbangtan Yoma, Rajiman, mengatakan harus dilakukan upaya penumbuhan dan penguatan petani milenial di tingkat kabupaten. Upaya itu akan berdampak pada peningkatan kapasitas petani milenial menjadi berkualitas dan andal.

"Harus dibentuk petani milenial yang berkemampuan manajerial, kewirausahaan dan organisasi bisnis," kata Rajiman, Sabtu (10/8).

Rakor telah dilakukan bersama Dinas Pertanian Cilacap. Dalam arahannya, Rajiman juga menekankan perlunya peningkatan usaha tani modern yang berdaya saing dan berkelanjutan. Ditambah peningkatan pendapatan petani melalui produktivitas dan efisiensi biaya usaha tani.

Kepala Dinas Pertanian Cilacap, Supriyanto, menyambut baik dan siap mendukung program Kemeterian Pertanian terkait petani milenial. Beberapa upaya teleh dilakukan untuk mendorong petani muda untuk berkarya di sektor pertanian antara lain lapak petani, pengembangan desa agrowisata dan digitalisasi sektor pertanian.

Sementara Wakil Direktur Polbangtan Yoma, Ananti Yekti, menyampaikan bahwa petani milenial diharapkan menumbuhkan minat wirausahawan muda pertanian dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan agribisnis.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Pertanian menargetkan Indonesia menjadi lumbung pangan pada tahun 2045. Untuk mencapainya, Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian telah meluncurkan salah satu programnya yaitu Penumbuhan dan Penguatan Petani Milenial tahun 2019.

Editor: Maya

Tags

Terkini

Berdayakan Umat, NU Kebumen Kembangkan Pertanian

Minggu, 19 September 2021 | 21:50 WIB

Banyak Petani Frustasi, Pemerintah Beri Pelatihan

Minggu, 19 September 2021 | 19:20 WIB

Pola Vaksinasi Jemput Bola, Sediakan Ayam untuk Hadiah

Minggu, 19 September 2021 | 15:35 WIB

HUT Ke-76, PMI Sleman Siapkan Berbagai Inovasi

Sabtu, 18 September 2021 | 06:45 WIB

BPBD Kaji Risiko Kebencanaan Jelang Musim Penghujan

Jumat, 17 September 2021 | 16:28 WIB
X