Daging Hewan Kurban Stres Kurang Enak

- Kamis, 1 Agustus 2019 | 08:24 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Idul Adha, saatnya memotong  hewan kurban terutama sapi dan domba. Namun banyak yang belum mengetahui memotong hewan secara benar termasuk memperhatikan kondisi kejiwaan hewan.

Peneliti produk halal dari Fakultas Peternakan UGM Ir Hanung Danar Dono MP PhD mengatakan untuk menghasilkan kualitas daging hewan kurban enak dan tidak cepat membusuk, jangan sampai membuat hewan kurban dalam kondisi stres sebelum dipotong. "Usahakan suasana jangan dibuat ramai karena kalau hewan stres bisa kalap dan ngamuk. Dampaknya pada kondisi daging yang bakal tidak seenak hewan kurban yang dipotong secara biasa tanapa stres dan tenang," ungkap Hanung.

Selain untuk mendapatkan daging yang enak dan empuk, hewan sebaiknya dipisahkan dari rekannya sebelum dipotong dan tidak mencium bau amis darah. Hewan tidak boleh melihat rekannya dikuliti, tidak boleh melihat genanganan darah. Bau amis darah buat membuat hewan stres, deg-degan dan bisa mengamuk.

Menurut Hanung, ciri hewan mulai stres yakni mulai menggerakkan ekor yang menandakan kegelisahan. Selain itu, ia juga menyarankan hewan dipuasakan selama 12 jam sebelum dipotong agar proses penyembelihan menjadi lebih mudah. Puasa sangat efektif agar hewan kurban tidak agresif.

Saat pemotongan berlangsung, sebaiknya penyembelih berusaha agar bisa memotong tiga saluran  pada leher bagian depan atau tepatnya di bawah jakun yakni saluran nafas, saluran makanan dan pembuluh darah arteri karotis dan vena jugularis. Ia menyarankan proses penyembelihan tidak memutus saluran sumsum tulang belakang.

"Sumsum tulang belakang tidak boleh putus karena untuk kepentingan pemompaan darah agar cepat keluar, apabila terputus darah akan banyak menumpuk sehingga daging lebih mudah membusuk," tandasnya.

Peneliti ilmu dan teknologi daging higienis dari Fakultas Peternakan Ir Rusman MP PhD menambahkan prosedur pemotongan hewan yang benar bisa menghasilkan daging aman, sehat, utuh dan higienis. Ia membenarkan daging hewan stres akan berwarna gelap, pucat dan terasa kurang enak.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Volume Kubah Gunung Merapi Relatif Tetap

Sabtu, 31 Juli 2021 | 15:59 WIB

Kota Magelang Kembali Raih KLA Kategori Nindya

Jumat, 30 Juli 2021 | 15:54 WIB
X