Bupati Wihaji: Duta Wisata untuk Promosikan Batang

- Sabtu, 27 Juli 2019 | 07:15 WIB
HADIAH: Bupati Batang Wihaji didampingi Ketua Penggerak PKK Ny. Uni Kuslantasi Wihaji ketika menyerahkan hadiah kepada para pemenang di Malam Grand Final Duta Wisata Tahun 2019. (suaramerdeka/Kasirin Umar).
HADIAH: Bupati Batang Wihaji didampingi Ketua Penggerak PKK Ny. Uni Kuslantasi Wihaji ketika menyerahkan hadiah kepada para pemenang di Malam Grand Final Duta Wisata Tahun 2019. (suaramerdeka/Kasirin Umar).

BATANG,suaramerdeka.com - Bupati Batang Wihaji mengatakan, Duta Wisata bukan sekedar berparas cantik dan ganteng. Kemudian pintar dan lenggak lenggok di cat walk. Tetapi lebih dari itu harus memiliki wawasan yang luas dan karakter dalam menjaga attitude (sikap), tingkah laku atau perilaku duta pemuda dalam berinteraksi ataupun berkomunikasi dengan sesama manusia.

“Pemilihan duta wisata bukan sekedar kegiatan rutinitas saja yang tanpa makna. Tetapi harus bisa melahirkan duta–duta perwakilan Kabupaten Batang yang bisa dijadikan contoh generasi kaum milenial untuk mempromosikan wisata, “ujar Bupati Wihaji, saat memberikan kata sambutan pada Malam Grand Final Duta Wisata yang berlangsung di Hotel Sendang Sari Batang, Kamis, (25/7).

Dikatakan, Pemkab Batang punya agenda besar di dunia wisata dengan program Batang Visit 2022, sebagai tujuan wisata. Dengan letak geografis yang sangat berpotensi, maka dibutuhkan anak muda yang kreatif dan inovatif guna mendukung wiasata melalui promosi maupun sebagai pelaku wisata.

“Saya sering sebut Batang itu “Palu Gada yaitu Apa yang Lu Mau Gue Ada.” Dari pantai, daratan dan gunung yang potensinya sangat luar biasa untuk dieksplore menjadi obyek wiasata yang berkelas dunia,”sebut Wihaji.

Dari program pembangunan percepatan pariwisata, terang Wihaji, sudah memilih empat Si yang menjadi fokus untuk dipromosikan ke publik. Yakni Si Kembang sebagai perwakilan wisata alam atau gunung. Si Lurah perwakilan wisata peradaban sejarah dan budaya. Si Gandu perwakilan wisata pantai yang terintgrasi Pantai Ujungnegoro. Pantai Kuripan dan Pantai Jodoh. Dan yang ke empat Si Kuping yang memadukan wisata alam dengan olahraga ekstrim paralayang.

“Dari empat Si kita prioritaskan di tahun 2019 sampai 2022. Yaitu sebagai ending program visit to Batang dan saat ini sarana prasarana pendukung sudah mulai kita tata dari infrastruktur jalan sampai dengan penambahan wahana permainan,”ucapnya.

Wihaji dalam kesempatan tersebut juga mempromosikan aplikasi samart region milik Pemkab yang menyajikan informasi tentang pemerintahan, layanan publik, pariwisata, kuliner, UMKM. Bahkan bagi warga yang ingin menyervis motor atau mobil dan mencari dealer kendaraan ternama pun lengkap tersedia.

Dalam kegiatan tersebut, sebagai pemenang Duta Wisata Putra, juara I Andrian Rayhan Yanamitofic perwakilan Kecamatan Bawang, Pemenang II Wahyu Eka putra perwakilan SMA Negeri 2 Batang, Pemenang III Ramadhan Al Kautsar perwakilan SMA N 1 Subah. Pememang Putri terpilih adalah Sri Rejeki Perwakilan Kospin Sekartama, lalu Runner-up adalah Almas Fatin Hanan Darin perwakilan SMA N 2 Batang dan posisi ketiga adalah Alifia Hamida perwakilan Universitas Islam Selamat Sri (UNISS).

Editor: Andika

Tags

Terkini

Siswa MAN Purbalingga Diminta Teladani Nabi Muhammad

Minggu, 24 Oktober 2021 | 22:05 WIB
X