Setiap Hari 500 Ekor Kambing di Bantul Dipotong 

- Jumat, 26 Juli 2019 | 14:06 WIB
Foto Istimewa
Foto Istimewa

BANTUL, suaramerdeka.com - Untuk memenuhi kebutuhan daging kambing di Kabupaten Bantul, setiap harinya paling tidak 500 ekor kambing dipotong. Kebutuhan daging kambing tersebut, untuk memenuhi kuliner yang ada di daerah tersebut.

''Untuk memenuhi daging kambing di Bantul, sedikitnya 500 ekor kambing dipotong,'' ujar Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Keluatan dan Perikanan Kabupaten Bantul (DPPKP), Pulung Hariyadi, kemarin.

Dengan kebutuhan tersebut, lanjut Pulung, Untuk memenuhi kebutuhan daging kambing itu maka para pedagang sate terpaksa mendatangkan kambing  dari luar Yogyakarta seperti dari Jawa Tengah dan sekitarnya.

Berkaitan dengan itu Pulung Hariyadi mengatakan, untuk mempercepat pertumbuhan populasi kambing di Bumi Projotamansari ini adalah dengan inseminasi buatan yang pada tahun 2019 ini ditergatken 2500 ekor kambing betina.

"Pemberian inseminasi buatan kepada kambing betina itu lebih sulit dibandingkan dengan inseminasi buatan pada sapi karena masa birahi pada kambing betina tidak mudah untuk diketahuinya dibandingkan dengan sapi," katanya.

2500 ekor kambing betina yang dilakukan inseminasi buatan, lanjut dia, sama sekali tidak akan ditarik biaya alias gratis. ''Inseminasi ini gratis,'' katanya. Inseminasi buatan untuk sapi tahun 2019 ditargetkan mencapai 24 ribu ekor sapi‎

Menurut Pulung, DPKKP Bantul, untuk meningkatkan populisai sapi di Bantul dari 60 ribu ekor menjadi 120 ekor dalam 5 tahun kedepan sesuai target dari Kementerian Pertanian DPKKP Bantul akan memberi inseminasi buatan kepada sapi betina birahi secara gratis kepada 24 ribu ekor sapi betina.

"Tahun 2018 kemarin inseminasi buatan pada sapi betina telah berhasil sebanyak 19 ribu ekor dan pada tahun 2019 ini ditargetkan sebanyak 24 ribu ekor," katanya.

Dengan sistem inseminasi buatan ini sapi betina yang berumur 2 tahun telah mengalami birahi, kemudian setelah dilakukan inseminasi buatan maka 3 bulan setelah beranak sapi tersebut akan kembali birahi dan diberikan inseminasi buatan sehingga populasi sapi di Bantul akan terus bertambah.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

X