Gamping Penyaji Terbaik Festival Ketoprak

- Senin, 22 Juli 2019 | 09:48 WIB
Foto: RRI
Foto: RRI

SLEMAN, suaramerdeka.com - Kecamatan Gamping dinobatkan menjadi penyaji terbaik I pada Festival Ketoprak Antar Kecamatan 2019 se-Kabupaten Sleman yang diselenggarakan 12-20 Juli di Lapangan Baratan, Candibinangun, Pakem. Pementasan kethoprak dengan lakon Mawar Ing Watu Candi yang dibawakan grup kethoprak Kecamatan Gamping mendapat nilai tertinggi dari dewan juri, dan mampu menyisihkan 16 kontingen kethoprak kecamatan lainnya.

Selain menjadi penyaji terbaik, kontingen Kecamatan Gamping juga menyabet tiga penghargaan lainnya dalam kategori perorangan. Masing-masing penghargaan sutradara terbaik, penata iringan terbaik, dan pemeran putra terbaik.

Camat Gamping, Arif Marwoto mengaku bangga dengan raihan prestasi kontingen kethoprak dari kecamatan yang dipimpinnya. “Saya mengapresiasi kesenian kethoprak ini karena ternyata banyak bibit-bibit seniman di Kecamatan Gamping. Regenerasi pun bisa berjalan dengan baik karena kelompok yang ada benar-benar menjadi milik warga Gamping,” tutur Arif seraya menambahkan, kontingen kethoprak ini berasal dari lima desa.

Adapun penghargaan penyaji terbaik II diraih Kecamatan Berbah dengan lakon Ki Ageng Mangir, dan penyaji terbaik III kontingen Kecamatan Sleman yang mengusung lakon Singasari Panglong. Penghargaan pembinaan terbaik diraih Kecamatan Depok dengan lakon Rara Mangli.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantara menjelaskan, maksud diselenggarakan festival tersebut untuk menggali dan menjaring potensi seniman. Acara ini juga sebagai wujud kepedulian Pemkab Sleman terhadap kelestarian kehidupan seni, sekaligus untuk menggugah kembali semangat kebersamaan dalam bingkai kompetisi di kalangan seniman.

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun yang hadir dan menutup festival tersebut, Sabtu (20/7), menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya event budaya tingkat kabupaten yang cukup besar dengan melibatkan seluruh kecamatan. Selain sebagai ajang memunculkan generasi penerus seniman seniwati kethoprak, festival tersebut juga menjadi ajang hiburan bagi masyarakat.

"Masyarakat juga antusias, banyak penonton yang menyaksikan dari awal hingga akhir pelaksanaan. Acara semacam ini juga bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat dengan munculnya banyak pedagang di sekitar lokasi acara," katanya.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Pengurus Cabang IAKMI Se-Jateng Dilantik

Sabtu, 4 Februari 2023 | 15:45 WIB

Etika Digital dalam Bermedia Cegah Turbulensi Politik

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:48 WIB
X