Warga Wanarejan Jadi Sopir Teladan Kabupaten Pemalang

- Senin, 8 Juli 2019 | 20:45 WIB
Kepala Bidang Angkutan, Dinas Perhubungan Pemalang, Bambang Haryono (kanan) menyampaikan pesan sebelum menyerahkan penghargaan kepada awak angkutan teladan. (suaramerdeka.com/Ali Basarah)
Kepala Bidang Angkutan, Dinas Perhubungan Pemalang, Bambang Haryono (kanan) menyampaikan pesan sebelum menyerahkan penghargaan kepada awak angkutan teladan. (suaramerdeka.com/Ali Basarah)

PEMALANG, suaramerdeka.com - Casmito (40) warga Kelurahan Wanarejan Selatan, Kecamatan Taman terpilih sebagai sopir teladan tingkat Kabupaten Pemalang tahun 2019. Dia meraih predikat tersebut setelah mengikuti kegiatan Pemilihan Abdi Yasa Teladan tingkat Kabupaten Pemalang tahun 2019 di Dinas Perhubungan Pemalang, belum lama ini.

Kepala Dinas Perhubungan, Akhmad Patah mengatakan, pemilihan Abdi Yasa Teladan ini memberikan kesempatan kepada awak angkutan umum untuk berkompetisi mengembangkan bakat dan ilmu pengetahuan di bidang perhubungan.

"Juara I pemilihan Abdi Yasa Teladan akan mewakili Kabupaten Pemalang dalam kegiatan yang sama tingkat Provinsi Jawa Tengah dan kalau terpilih maka akan mewakili Jateng di tingkat Nasional," jelas Fatah.

Dalam memilih awak angkutan teladan ini Dinas Perhubungan memberikan beberapa materi untuk dijadikan indikator. Antara lain pengetahuan tentang angkutan jalan, rambu-rambu lalu lintas dan etika secara tertulis.

Ada pun peserta pemilihan berasal dari perusahaan angkutan umum baik barang maupun penumpang. Semua peserta memiliki hak kompetisi yang sama baik itu awak mikro bus, mini bus (tuyul), elf, angkutan kota maupun angkutan pedesaan.

Pemalang sendiri jumlah angkutan kota mencapai 145, angkutan perdesaan ada 452 kemudian bus antar kota dalam provinsi bernomor polisi Pemalang lebih kurang 100 buah.

Sementara itu terpilih sebagai juara II dan III antara lain Jarot Wibowo dan Rohadi. Adapun Casmito yang terpilih sebagai juara I dalam kesehariannya adalah supir mini bus Palapa.

Para juara ini selanjutnya menerima pembinaan dari Dinas Perhubungan untuk mendukung program kerja sekaligus menjadi contoh bagi awak angkutan lainnya.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X