Fenomena Embun Es Tingkatkan Okupansi Homestay Dieng

- Sabtu, 29 Juni 2019 | 09:15 WIB
BEBINCANG: Ketua Paguyuban Homestay Desa Dieng Kulon Kecamatan Batu berbincang dengan tamu yang menginap di homestay Green Savana yang dikelolanya. (suaramerdeka.com / Castro Suwito)
BEBINCANG: Ketua Paguyuban Homestay Desa Dieng Kulon Kecamatan Batu berbincang dengan tamu yang menginap di homestay Green Savana yang dikelolanya. (suaramerdeka.com / Castro Suwito)

BANJARNEGARA, suaramerdeka.com - Fenomena embun beku atau embun upas di Dataran Tinggi Dieng menjadi daya tarik wisatawan. Banyak wisatawan yang menginap di homestay kawasan Dieng untuk menantikan kemunculan embun beku di pagi hari.

Ketua Paguyuban Homestay Desa Dieng Kulon Kecamatan Batu, Fortuna Dyah Setyowati mengatakan, kemunculan embun beku yang terjadi beberapa kali dalam satu bulan terakhir berdampak terhadap kunjungan wisatawan. Bahkan, banyak wisatawan dari luar kota yang menginap di homestay yang dikelola warga. "Karena embun es itu kan munculnya pagi-pagi, jadi mereka menginap dulu," katanya, Jumat (28/6).

Menurutnya, tingkat hunian homestay selama kemunculan embun es mencapai 40 persen. Dari 150 homestay yang tergabung dalam paguyuban total tersedia 600 kamar. Dari jumlah kamar tersebut, setiap setiap hari selalu ada wisawatan yang menginap. ?Biasanya terisi kalau saat akhir pekan atau liburan saja,? jelasnya.

Dikatakan, sejumlah wisatawan ada yang memperpanjang menginap. Mereka yang belum puas menikmati sensasi Dieng di bawah suhu beku, ingin lebih lama lagi di Dieng. "Mungkin karena ini kan fenomena langka, dan tidak semua orang bisa merasakan sensasi seperti ini," tuturnya.

Fortuna menuturkan, tarif sewa kamar homestay di Dieng berkisar Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu, tergantung fasilitas yang disediakan. Dia kerap menerima telepon dari wisatawan di luar kota menanyakan ketersediaan kamar serta perkiraan kemunculan embun es. "Banyak yang tanya, kira-kira kapan tutun embun es lagi, mereka berencana menginap untuk melihat embun es," terangnya.

Kepala UPT Wisata Dieng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Aryadi Darwanto mengatakan, embun es yang muncul beberapa waktu belakangan ini menjadi daya tarik wisata Dieng. Selain wisatawan sekitar Dieng, dari Banjarnegara, Wonosobo, Pekalongan, Purwokerto dan sekitanya, banyak juga dari kota besar Jakarta, Yogyakata, Semarang dan lainnya. "Fenomena embun es ini berdampak sekali terhadap kunjungan wisatawan," ujarnya.

 

Editor: Andika

Tags

Terkini

Kesongo Kembali Semburkan Lumpur, Warga Berhamburan

Selasa, 28 September 2021 | 12:30 WIB

Angka Stunting Tinggi, Pemerintah Libatkan Mahasiswa

Senin, 27 September 2021 | 19:18 WIB

Hujan Deras, Rumah Rusak Diterjang Longsor

Senin, 27 September 2021 | 15:40 WIB

2.302 Peserta Ikuti SKD CASN Pemkot Magelang

Senin, 27 September 2021 | 15:12 WIB
X