Sekda Purworejo : OPD Harus Siap Tanggapi Permohonan Informasi Publik

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 06:55 WIB

PURWOREJO, suaramerdeka.com - Seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Purworejo harus memberikan tanggapan apabila ada permohonan informasi publik dari masyarakat atau lembaga.

Sebab kalau tidak sampai memberikan tanggapan, Pemkab Purworejo sebagai badan publik bisa digugat di Komisi Informasi.

Hal itu disampaikan okeh Sekda Purworejo, Said Romadhon saat membuka Bimbingan Teknis Pengelolaan Informasi Publik Berbasis E-Learning, di Command Centre Dinkominfo, Senin, 30 Agustus 2021.

Baca Juga: Gandeng Sejarahwan, Disarpus Akan Telusuri Naskah Kuno

Bimtek yang dilaksanakan secara daring itu, diikuti 42 pejabat atau pelaksana teknis pengelola informasi dan dokumentasi di setiap Perangkat Daerah.

“Saya sering mengikuti sidang gugatan, hanya karena kita tidak memberikan tanggapan atau jawaban atas permintaan informasi publik. Padahal kalau diberi tanggapan atau jawaban sudah tidak akan jadi masalah, meskipun informasi yang diminta tidak diberikan,” ungkapnya.

Menurutnya, keberadaan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik memberikan pencerahan dalam pelaksanaan penyelenggaraan negara atau pemerintahan.

Baca Juga: Dinkes Kabupaten Magelang Mulai Vaksinasi Ibu Hamil dan Disabilitas

Keterbukaan informasi publik merupakan jaminan hukum bagi setiap orang untuk memperoleh informasi sebagai salah satu hak asasi manusia.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesta Miras di Cepu Memakan Korban, 5 Orang Tewas

Kamis, 20 Januari 2022 | 08:48 WIB

Penduduk Miskin Jawa Tengah Turun 175,74 Ribu Orang

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:20 WIB

Polres Boyolali Musnahkan 300 knalpot Brong

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:57 WIB
X