Jose Mourinho Resmi Jadi Pelatih AS Roma, Gantikan Paulo Fonseca

- Rabu, 5 Mei 2021 | 05:19 WIB
Foto: EPA
Foto: EPA

ROMA, suaramerdeka.com -  Jose Mourinho tak perlu lama menganggur usai dipecat Tottenham Hotspur, setelah dipercaya menjadi pelatih AS Roma mulai musim depan. Dia akan menggantikan posisi Paulo Fonseca yang kontraknya tak diperpanjang pada akhir musim ini. Roma mengumumkan Mourinho sebagai pengganti Fonseca dengan ikatan kontrak sampai 30 Juni 2024.

"Kami sangat senang dan menyambut Jose Mourinho ke dalam keluarga AS Roma. Seorang juara hebat yang telah memenangkan trofi di setiap level, Jose akan memberikan kepemimpinan dan pengalaman yang luar biasa untuk proyek ambisius kami. Penunjukan Jose adalah langkah besar dalam membangun budaya kemenangan jangka panjang dan konsisten di seluruh klub," kata Presiden Roma Dan Friedkin dan wakil presiden Ryan Friedkin, yang dikutip dari situs resmi klub.

Liga Italia tidak asing lagi untuk Mourinho. Dia pernah sukses besar selama dua musim membesut Inter Milan. Mourinho pun berterima kasih kepada AS Roma yang sudah mempercayakan posisi itu kepadanya sekaligus mendoakan yang terbaik untuk Fonseca.

"Terima kasih kepada keluarga Friedkin karena memilih saya untuk memimpin klub hebat ini dan menjadi bagian dari visi mereka. Setelah pertemuan dengan pemilik dan Tiago Pinto, saya segera memahami sepenuhnya ambisi mereka untuk AS Roma. Itu adalah ambisi dan dorongan yang sama yang selalu memotivasi saya dan bersama-sama kami ingin membangun proyek kemenangan di tahun-tahun mendatang."

"Semangat luar biasa dari para penggemar Roma meyakinkan saya untuk menerima pekerjaan itu dan saya tidak sabar untuk memulai musim depan. Sementara itu, saya mendoakan yang terbaik untuk Paulo Fonseca," tegasnya.

Di sisi lain, Fonseca dilepas Roma usai kontrak pelatih asal Portugal tak diperpanjang selepas musim ini berakhir. Fonseca mulai melatih Roma sejak Juni 2019 dengan durasi kontrak dua tahun, di mana dia membawa I Giallorossi finis di posisi kelima klasemen Liga Italia 2019/2020. Musim ini, Roma juga tak akan bisa finis di empat besar karena masih terdampar di posisi ketujuh dengan 55 poin hingga pekan 34.

"Atas nama semua orang di AS Roma, kami ingin berterima kasih kepada Paulo Fonseca atas kerja keras dan kepemimpinannya selama dua tahun terakhir. Paulo membimbing tim melalui banyak tantangan, termasuk pandemi Covid dan perubahan kepemilikan. Dia bekerja dengan integritas tanpa pamrih dan karakter yang hebat. Kami mendoakan yang terbaik untuknya di masa depan dan tahu bahwa dia akan menjadi aset yang hebat kemanapun dia pergi," kata bos AS Roma, Dan Friedkin, dikutip dari situs resmi klub.

Roma memang masih berlaga di semifinal Liga Europa melawan Manchester United, namun peluang mereka untuk melaju ke final sangat berat. Pasalnya, mereka takluk 2-6 dari Manchester United di Old Trafford, sehingga butuh kemenangan 4-0 di pertemuan kedua jika mau melaju ke final.

"Saya ingin berterima kasih kepada Paulo untuk semua pekerjaannya untuk klub selama dua musim terakhir. Meskipun hasilnya tidak selalu terlihat di lapangan, kami tahu bahwa dia telah meninggalkan banyak elemen positif yang akan terus membantu perkembangan kami - seperti banyak pemain berbakat dan muda yang dia dorong dan tingkatkan, dan kemajuan kami di Liga Europa musim ini. Kami sedang membangun jalan menuju sukses di Roma, dan Paulo telah memainkan peran penting dalam hal itu," kata Manajer Umum Roma, Tiago Pinto.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

Hasil Liga Italia: Juventus Menang 2-0 Atas Spezia

Kamis, 1 September 2022 | 05:15 WIB
X