Ini Cara Aman dan Nyaman Pakai WiFi Publik

- Kamis, 18 Maret 2021 | 14:00 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

SIAPA di sini yang termasuk fakir wifi? Begitulah sebutan untuk orang - orang yang berada disuatu tempat langsung mencari wifi gratis yang tersedia. Dengan menggunakan wifi gratis di ruang publik tentunya akan membantu anda menjadi lebih hemat dalam penggunaan kuota.

Namun, dengan adanya kabar yang beredar untuk hati - hati atau bahkan larangan dalam menggunakan wifi publik, membuat sebagian orang atau anda pun takut. Yup, tak perlu takut dan risau.

Baca Juga: Cara Mudah Ganti Pasword Wifi Agar Jaringan Internetmu Tak Cuma-Cuma

Baca Juga: Dorong Gerakan Sedekah Wifi

Nah, Gmedia berbagi tips agar tetap dapat menggunakan wifi publik dengan aman dan nyaman. Yuk perhatikan hal-hal berikut ini.

1.Tingkatkan Keamanan Perangkat

Sebelum menggunakan wifi publik, hal yang Anda lakukan pertama kali adalah meningkatkan keamanan ke dalam perangkat laptop Anda. Anda dapat menonaktifkan fitur komputer sharing agar orang lain tidak dapat mengakses data di dalam perangkat saat menggunakan jaringan wifi yang sama. Anda juga dapat mengaturnya dengan membuka menu control panel, lalu klik network dan internet. Lalu, pilih homegroup and sharing option untuk mematikan fitur sharing.

2.Gunakan Jaringan yang Dikenal dengan Bijak

Ketika berada di ruang publik penting bagi Anda untuk memilih menggunakan jaringan internet wifi yang jelas. Dengan menggunakan jaringan yang jelas, Anda dapat terhindar dari jebakan wifi yang menggunakan nama yang mirip yang bisa saja menyerang perangkat Anda. Biasakan untuk mengaktifkan Forget This Network pada settingan wifi smartphone atau laptop Anda agar tidak terkoneksi secara otomatis jika Anda kembali kesana. Dan hindari atau jangan melakukan transaksi online banking ketika menggunakan jaringan publik.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Digital Tak Membuat Tradisi Terpental

Selasa, 12 Oktober 2021 | 16:47 WIB

WhatsApp Down, Aplikasi AyoTalk Jadi Alternatif

Selasa, 5 Oktober 2021 | 09:51 WIB

Tren Data Bocor Makin Marak, Badan Siber Perlu Penguatan

Selasa, 14 September 2021 | 18:24 WIB

Bijak Gunakan Medsos, Jangan Julid, Perhatikan Nomor 5

Minggu, 12 September 2021 | 07:58 WIB
X