Masih Ada WNI di Afghanistan, Pemerintah Sudah Siapkan Rencana Evakuasi

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 08:36 WIB
Evakuasi warga Afghanistan dengan pesawat militer AS. (suaramerdeka.com / dok)
Evakuasi warga Afghanistan dengan pesawat militer AS. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah sudah menyiapkan rencana evakuasi bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Afghanistan.

Diakui Juru Bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah, saat ini masih ada WNI yang berada di Afghanistan. Data KBRI juga menyebut, selain petugas kedutaan ada 15 orang WNI lain.

“Keselamatan WNI, termasuk Staf Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) Kabul merupakan prioritas pemerintah Indonesia. Persiapan evakuasi terus dimatangkan, antara lain melalui komunikasi dengan berbagai pihak terkait di lapangan," lanjutnya.

Diakui Teuku, tanggal pastinya dilakukan evakuasi belum bisa ditentukan, mengingat perkembangan di Afghanistan sangat dinamis.

Baca Juga: Bacakan Teks Proklamasi, Puan: Makna dari Tugas Ini Masih Saya Renungi

Indonesia memantau secara dekat perkembangan yang sangat cepat yang terjadi di Afghanistan.

"Indonesia berharap penyelesaian politik tetap dapat dilakukan, melalui Afghan-owned, Afghan-led. Perdamaian dan stabilitas tentunya sangat diharapkan oleh masyarakat Afghanistan dan dunia internasional," demikian pernyataan resmi dari Kemlu.

Ditambahkan, Indonesia terus melakukan komunikasi dengan semua pihak di Afghanistan dan juga dengan Perwakilan PBB dan Perwakilan Asing di Afghanistan.

Baca Juga: Dapat Remisi, 4 Warga Binaan Lapas Kelas IIA Ambarawa Langsung Bebas

Keselamatan WNI, termasuk staf KBRI Kabul, merupakan prioritas pemerintah Indonesia. Persiapan evakuasi terus dimatangkan, antara lain melalui komunikasi dengan berbagai pihak terkait di lapangan.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arab Saudi Umumkan Aturan Umrah Bagi Jamaah Luar Negeri

Selasa, 30 November 2021 | 15:09 WIB

Arab Saudi Izinkan 6 Negara Masuk, Termasuk Indonesia

Jumat, 26 November 2021 | 12:39 WIB
X