Jair Bolsonaro Resmi Dilantik Jadi Presiden Brasil

CNN
- Rabu, 2 Januari 2019 | 10:48 WIB
Mantan Presiden Brasil Michel Temer (kanan) menyerahkan selempang kepresidenan kepada presiden baru Brasil Jair Bolsonaro di Istana Planalto (Foto: AFP/ EVARISTO SA)
Mantan Presiden Brasil Michel Temer (kanan) menyerahkan selempang kepresidenan kepada presiden baru Brasil Jair Bolsonaro di Istana Planalto (Foto: AFP/ EVARISTO SA)

BRASIL, suaramerdeka.com - Tokoh sayap kanan radikal Jair Bolsonaro resmi dilantik menjadi Presiden Brasil, Selasa (1/1) di ibu kota Brasilia. Pelantikan Jair Bolsonaro ini menandakan dimulainya era konservatif di negara dengan ekonomi dan penduduk terbesar di Amerika Selatan tersebut.

´╗┐Bolsanaro terpilih menjadi Presiden Brasil pada akhir Oktober lalu. Saat itu, Bolsonaro berhasil menang telak atas penantangnya dari Partai Pekerja, Fernando Haddad.

Bolsonaro dalam pidatonya usai dilantik, menyatakan optimistis atas masa depan Brasil di bawah kepemimpinannya.

"Kami semua mempunyai kesempatan unik untuk kembali membangun negara ini," sebut Bolsonaro dalam pidatonya, dikutip dari Al Jazeera, Rabu (2/1).

Pidato tersebut menyinggung kesiapan dirinya menepati janji-janji yang pernah dilontarkan dalam kampanye presiden lalu, termasuk memerangi penyebaran ideologi kiri di sekolah, mempermudah kepemilikan senjata dan memperkuat hukum.

"Brasil di atas semuanya dan Tuhan di atas segalanya," kata Bolsonaro mengakhiri pidatonya.

Saat kampanye Presiden Brasil, Bolsonaro juga pernah berjanji siap meredam kriminalitas, memberantas korupsi, dan mengembalikan nilai-nilai keluarga dan Nasrani di kehidupan bermasyarakat.

Namun, pelantikan Bolsonaro tak didukung oleh Kelompok dan ahli HAM yang mengkhawatirkan beberapa janji politik yang disampaikan Bolsonaro, khususnya terkait komitmennya memberikan polisi wewenang penuh untuk membunuh pelaku kriminal dan membersihkan ideologi kiri.

Bolsonaro disebut sebagai politikus paling berbahaya di dunia. Julukan itu timbul karena Bolsonaro rajin mengeluarkan komentar-komentar rasialis dan memuji kepemimpinan diktator militer Chile Augusto Pinochet.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Memanas, AS Tembak Jatuh Balon Mata-mata China

Minggu, 5 Februari 2023 | 08:36 WIB
X