Fakta Mauna Loa di Hawaii, Gunung Berapi Aktif Terbesar di Dunia yang Meletus Setelah 40 Tahun Terakhir

- Rabu, 30 November 2022 | 11:41 WIB
Kondisi gunung berapi aktif terbesar Mauna Loa setelah pertama kali meletus dalam 40 tahun terakhir (Twitter @kenhrubin)
Kondisi gunung berapi aktif terbesar Mauna Loa setelah pertama kali meletus dalam 40 tahun terakhir (Twitter @kenhrubin)

HAWAII, Suaramerdeka.com - Mauna Loa, gunung berapi aktif terbesar di dunia yang berada di Hawaii ini meletus untuk pertama kalinya dalam hampir 40 tahun terakhir.

Sebagai gunung berapi aktif terbesar di dunia yang berada di Hawaii, Mauna Loa diketahui terakhir meletus pada tahun 1984.

Meskipun meletus untuk pertama kali, masyarakat sekitar tidak perlu terlalu mengkhawatirkan karena letusan gunung berapi Mauna Loa tidak menimbulkan ancaman langsung.

Sebaliknya, dampak dari letusan Mauna Loa ini menyebabkan pemandangan spektakuler yang memancarkan cahayanya merah menandakan bahwa gunung tersebut sedang menyemburkan lava.

Baca Juga: Gak Perlu Sedih, Televisi Tidak Support Digital dan Tak Muncul Scan, Atasi dengan Tips Ini Tanpa Set Top Box

Jika dari dekat memang akan terasa menakutkan bahkan mematikan, namun jika dilihat dari jauh, maka semua orang sepakat bahwa mereka sedang melihat pemandangan alam yang indah.

Inilah fakta-fakta mengenai Mauna Loa, gunung berapi terakhir di dunia yang letusannya tidak menimbulkan ancaman.

Mauna Loa merupakan salah satu dari 5 gunung berapi yang membentuk Pulau Besar Hawaii, tepatnya di bagian pulau paling selatan kepulauan Hawaii.

Meskipun bukan yang tertinggi dimana gelar ini jatuh ke gunung Mauna Kea, namun Mauna Loa merupakan yang terbesar dan membentuk sekitar setengah dari daratan pulau tersebut.

Baca Juga: Pria Ini Mengaku Susah Menerima Siaran TV Digital, Padahal Sudah Pakai Antena TV Digital dan Set Top Box

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X