Indonesia Sukses Gelar KTT G20, Bagaimana dengan India? Ini Harapan Presiden Joko Widodo

- Jumat, 18 November 2022 | 07:15 WIB
Presiden Joko Widodo dalam penutupan KTT G20 di Nusa Dua, Bali. (tangkap layar YouTube/Sekretaria)
Presiden Joko Widodo dalam penutupan KTT G20 di Nusa Dua, Bali. (tangkap layar YouTube/Sekretaria)

NUSA DUA, suaramerdeka.com - Kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diikuti 17 Kepala Negara dan pihak terkait yang mewakili telah resmi ditutup pada Rabu, 16 November 2022.

KTT G20 telah sukses terselenggara dengan menghasilkan kesepakatan bersama yang disebut G20 Bali Leaders Declaration.

“Dengan ini saya nyatakan KTT G20 di Bali Indonesia ditutup,” ujar Presiden Joko Widodo menutup rangkaian KTT yang berlangsung di Hotel The Apurva Kempinski, Bali.

Baca Juga: ADK LPS: Setiap Kebijakan Strategis LPS Diputuskan Melalui Riset

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo secara resmi menyerahkan tongkat presidensi G20 kepada India selaku pemegang presidensi G20 selanjutnya.

Presiden Joko Widodo berharap pada gelaran G20 mendatang di India, dapat melanjutkan amanah yang telah disepakati pada G20 Indonesia.

Jadi, upaya untuk mendorong pemulihan perekonomian global dapat diwujudkan melalui implementasi kesepakatan G20 Bali Leaders Declaration tersebut.

Baca Juga: Viral Cuitan Diduga 'Hinaan' ke Iriana Jokowi, Kaesang ke Warganet: Maksudmu Gimana?

"India bisa melanjutkan kepemimpinan Presidensi G20 berikutnya. Menjalankan amanah untuk menjaga dan mewujudkan pemulihan global dserta pertumbuhan yang kuat dan inklusif," kata Presiden Jokowi. Dikutip dari laman YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 17 November 2022.

Presiden Joko Widodo meyakini nantinya di bawah kepemimpinan India, Forum G20 ini akan terus bergerak ke depan untuk mewujudkan pemulihan global serta pertumbuhan yang kuat dan inklusif.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X