Hasilkan G20 Bali Leaders Declaration, Menkominfo: Tiga Isu Prioritas DEWG Jadi Perhatian

- Kamis, 17 November 2022 | 09:57 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate dalam sebuah konferensi pers dalam rangkaian kegiatan KTT G20 di Nusa Dua, Bali Sumber: kominfo.go.id
Menkominfo Johnny G. Plate dalam sebuah konferensi pers dalam rangkaian kegiatan KTT G20 di Nusa Dua, Bali Sumber: kominfo.go.id

BALI, suaramerdeka.com - Setelah melewati rangkaian yang panjang dan diskusi yang berlarut, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Presidensi G20 yang diselegarakan di Bali tersebut berhasil menghasilkan kesepakatan bersama.

Kesepakatan bersama tersebut diberi nama 'G20 Bali Leaders Declaration'.

Para negara anggota presidensi G20 menyepakati penyelesaian terhadap isu-isu global saat ini.

Termasuk persoalan antara Rusia dan Ukraina.

Baca Juga: Bursa Set Top Box Murah dan Fitur Lengkap, Buruan Beli Yuk, Nyesel Kalau Kehabisan

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan, bahwa hasil kesepakatan itu juga memuat tiga isu prioritas yang telah dibahas dalam rangkaian pertemuan Digital Economy Working Group (DEWG).

"Akhirnya kita bersyukur bahwa melalui diplomasi yang luar biasa Bapak Presiden Joko Widodo, Ibu Menlu (Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi), Ibu Menteri Keuangan (Menlu RI Sri Mulyani) akhirnya Leaders Declarations bisa diadopsi," tuturnya di Media Center KTT G20, Bali. Dikuti dari siaran pers pada laman kominfo.go.id.

Dalam siaran pers tersebut, Menkominfo juga menjelaskan bahwa transformasi digital sebagai salah satu isu prioritas G20 yang disepakati dan telah menjadi perhatian dari para pemimpin negara Anggota G20.

Johnny G Plate menjelaskan bahwa tiga isu prioritas dalam DEWG tersebut, antara lain: konektivitas pascapandemi Covid-19, literasi digital dan keterampilan, serta data free flow with trust and cross border data flow.

Baca Juga: Jangan Nangis, Sudah Pasang Set Top Box Tapi belum Bisa Menerima Siaran TV Digital, Bikin Antena Yuk

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X