ABK Diingatkan Pentingnya Rasa Kekeluargaan Antar WNI

- Sabtu, 23 Juni 2018 | 06:36 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

DAKAR, suaramerdeka.com - Dubes RI Dakar, Mansyur Pangeran, menyampaikan pesan khusus kepada para ABK akan pentingnya rasa kekeluargaan antar WNI yang berada di luar negeri. Saat di luar negeri jauh dari keluarga maka inilah keluarga kita, saling berbagi, saling memberi, saling menolong dan saling melindungi. Diingatkan pula oleh Dubes Mansyur, agar di atas kapal teman-teman ABK senantiasa menghindari pertengkaran dan tetap menjaga kekompakan dengan sesama ABK dari Indonesia.

Kepada para ABK, Dubes Mansyur juga mengingatkan agar selalu menaati kaidah hukum yang berlaku di negara setempat dan menghindari dari tindakan-tindakan yang melanggar hukum. Para ABK juga diingatkan agar selalu memperhatikan kelengkapan dokumen perjalanan seperti batas waktu berlakunya paspor, dan agar tidak ragu untuk menghubungi KBRI Dakar sebelum batas waktu berlakunya paspor berakhir untuk menggantinya.

Kehadiran saudara-saudara ABK telah menambah meriah suasana lebaran di Wisma Duta, mengingat jumlah masyarakat Indonesia yang sangat sedikit di Dakar. Setiap tahun KBRI Dakar tidak pernah lupa untuk mengingatkan agen pelabuhan beberapa minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri untuk mengirimkan data lengkap ABK asal Indonesia yang akan bersandar di Dakar.

Idul Fitri menjadi momen yang pas untuk saling berbagi cerita serta mendengar serunya kisah para ABK mengarungi luas dan kerasnya lautan samudera. Dengan serunya mereka kerap kali memperlihatkan rekaman handphone tingginya ombak di lautan yang menghempas kapal ketika mereka sedang menangkap ikan. Momen ini juga sekaligus untuk mendengar sejauh mana perlindungan terhadap hak-hak ABK telah dipenuhi baik oleh Kapten kapal maupun agen penyalur.

 

Editor: Andika

Tags

Terkini

Presiden Serbia: Djokovic dapat Informasi Menyesatkan

Senin, 17 Januari 2022 | 18:18 WIB

Kazakhstan Bergejolak, Dipicu Kenaikan Bahan Bakar

Sabtu, 8 Januari 2022 | 17:32 WIB
X