Momentum 70 Tahun Kerja Sama Indonesia-Jerman, Perkuat Hubungan Bilateral Perdagangan dan Investasi

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 16:56 WIB
Menko Airlangga Hartarto hadir mewakili Pemerintah Indonesia dalam perayaan German Unity Day di Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2022. Foto: ekon.go.id.
Menko Airlangga Hartarto hadir mewakili Pemerintah Indonesia dalam perayaan German Unity Day di Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2022. Foto: ekon.go.id.

JAKARTA, suaramerdeka.com - Indonesia dan Jerman telah menjalin hubungan diplomatik yang kuat sejak beberapa dekade lalu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa perdagangan dan investasi merupakan aspek penting dalam hubungan bilateral Indonesia dan Jerman.

Tidak hanya itu, Indonesia dan Jerman juga saling memberikan dukungan terhadap program pembangunan di masing-masing negara.

Baca Juga: Mendadak Untung Oktober 2022, 8 Zodiak Saldo Tabungannya Melonjak, Terisi Rezeki dan Cuan

“Pada tahun 2021, Jerman adalah mitra dagang terbesar Indonesia di antara negara-negara Eropa dengan total perdagangan mencapai USD6.0 miliar. Untuk periode 2015 hingga 2021, total investasi Jerman di Indonesia lebih dari USD1 miliar dengan lebih dari 250 perusahaan Jerman yang beroperasi di Indonesia,” kata Menko Airlangga Hartarto yang hadir mewakili Pemerintah Indonesia dalam perayaan German Unity Day di Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2022.

Menko Airlangga Hartarto meyakini bahwa perdagangan dan investasi kedua negara akan semakin saling menguntungkan dan meningkat dengan diberlakukannya Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IU-CEPA).

Lebih lanjut, Menko Airlangga dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Indonesia dan Jerman pada saat yang sama juga meningkatkan upaya kolaboratif untuk mengembangkan teknologi bersih dan terbarukan, infrastruktur hijau, dan pembiayaan hijau.

Baca Juga: Heboh! Kesaksian Yohanes Prasetyo, Meminta Aparat Tak Tembakan Gas Air Mata ke Tribun, Hingga Dipukuli

“Presidensi Indonesia dalam G20 bersamaan dengan momentum Presidensi Jerman dalam G7. Indonesia berharap tahun ini, kedua negara dapat menjadikan pertemuan G20 sebagai salah satu tonggak penting bagi hubungan antara Indonesia dan Jerman,” ujar Menko Airlangga.

Menko Airlangga juga mengatakan bahwa Indonesia sangat mengapresiasi peran aktif Jerman dan kerjasama yang terjalin selama ini sebagai mitra pembangunan ASEAN.

Halaman:

Editor: Cun Cahya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X